get app
inews
Aa Read Next : Kepala Baznas Jateng Apresiasi Kepedulian Duet Ganjar-Yasin Terhadap Santri

Gandeng Pekarsi, Ponpes Andalusia Gelar Khitanan Massal

Kamis, 22 Desember 2022 | 17:47 WIB
header img
Petugas dari Pekaesi saat mengkhitan peserta khitanan massal di Ponpes Andalusia Banjarnegara, Kamis (22/12/2022). Foto Syarif TM/iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,NewsBanjarnegara.id - Pondok pesantren modern Andalusia Banjarnegara menggelar khitanan massal dalam rangka milad tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kompleks Ponpes Modern Andalusia, Kamis (22/12/2022).

Pengasuh Ponpes Andalusia Banjarnegara Soenaryo mengatakan, kegiatan bakti sosial khitanan massal ini merupakan hasil kerjasama antara Pesantren Andalusia dengan Persatuan Karyawan Rumah Sakit Islam (Pekarsi) Banjarnegara.

Menurutnya, kegiatan khitanan massal kali ini diikuti oleh sekitar 33 peserta dari masyarakat sekitar, termasuk warga yang kurang mampu dan ingin mengkhitankan anaknya. Melalui kegiatan ini, setidaknya bisa membantu masyarakat yang ingin segera mengkhitankan anaknya.

"Ini merupakan rangkaian peringatan milad Ponpes Andalusia, dan pada momentum ini kami ingin berbagi dengan masyarakat sekaligus meringankan beban sesama yang kurang beruntung, sehingga kami menggelar khitanan massal bersama warga sekitar," katanya.

Dikatakannya, kegiatan sosial ini juga untuk menjalin ukhwah bersama dengan masyarakat, termasuk lebih mengenalkan Pesantren modern yang ada di Banjarnegara. Saat ini Ponpes Moedrn Andalusia ini memiliki sekitar 400 santri dengan jenjang pendidikan SMP.

"Untuk peserta khitanan massal ini mendapatkan bingkisan dari panitia, yakni uang saku, baju, sarung, dan sajadah," ujarnya.
Ponpes Andalusia merupakan pesantren modern berbasis digital, tak hanya itu pesantren ini juga lebih menitik beratkan pada program tahfidz.

Sementara itu, Ketua Pekarsi dr. Ardhi Oemar Agustjik mengatakan, kerjasama dengan Ponpes Andalusia ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat Pekarsi, tak hanya itu selain mengirimkan tenaga medis untuk khitanan massal, Pekarsi juga bersinergi dengan pihak pesantren terkait pengobatan peserta khitanan massal.

"Kegiatan ini tidak hanya sekadar bakti sosial, tetapi ada unsur ibadah dan syiar islam di dalamnya, Kami berharap kerjasama ini bisa terus berlangsung demi pengabdian pada masyarakat khususnya masyarakat Banjarnegara," katanya. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut