Logo Network
Network

Murid TK PGRI Petir Dilatih Tangani Kebakaran

Syarif TM
.
Selasa, 31 Januari 2023 | 13:30 WIB
Murid TK PGRI Petir Dilatih Tangani Kebakaran
Murid TK saat mencoba menggunakan alat pemadaman api bersama dengan Damkar Banjarnegara di halaman sekolah, Selasa (31/1/2023). Foto. dok Damkar Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan penanganan musibah kebakaran pada anak usia dini, unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Banjarnegara melakukan sosialisasi dan pelatihan penangana kebakaran pada anak usia dini.

Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Desa Petir Kecamatan Purwanegara dibantu dengan petugas Damkar Satpol PP Banjarnegara melakukan pengenalan dan mengikuti serentetan palatihan penanganan kebakaran api di halaman sekolah, Selasa (31/1/2023).

Plt Kasatpol PP Banjarnegara Esti Widodo melalui Kabid Damkar Freyana Kusuma mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergitas Damkar dengan pendidikan usia dini, dimana pemahaman dan mengenalkan tugas dari Damkar harus dilakukan sejak dini. Tak hanya itu, para anak usia dini ini juga dikenalkan tentang penanganan api.

Menurutnya, bencana kebakaran bisa saja terjadi dimana saja, sehingga teknik dasar penanganan api sebelum membesar harus dilakukan untuk mencegah terjadinya korban jiwa.

"Ini juga bagian dari sosialisasi dan pengenalan profesi Damkar pada murid-murid TK, termasuk mengenalkan cara memadamkan api baik menggunakan kain basah atau penyemprotan langsung," ujarnya.

Dengan pelatihan ini, dia berharap anak-anak yang ikut dalam pelatihan ini bisa dan berani untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran kecil, dan dia tahu cara dan tahapan untuk memadamkan api kecil.

"Kami melihat anak-anak ini sangat antusias, termasuk saat mereka mencoba menggunakan alat pemadam," ujarnya.

Editor : Adel
Bagikan Artikel Ini