get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Banjarnegara Sukses Penuhi Target 10 besar Porprov Jateng

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 13:55 WIB
header img
Kontingen arung jeram Banjarnegara juara umum cabang arung jeram porprov Jateng 2023

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-KONI Kabupaten Banjarnegara mematok target 10 besar dalam gelaran multi event olahraga empat tahunan Porprov Jateng XVI 2023, dalam ajang ini, Kontingen Kabupaten Banjarnegara berhasil memenuhi target 10 besar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Kontingen Kabupaten Banjarnegara pada ajang Porprov Jateng XVI 2023 ini mengikuti 28 cabang olahraga dari 59 cabang yang dilombakan dengan kekuatan 230 atlet dan 29 pelatih. Dalam ajang ini, Banjarnegara sukses meraih 29 medali emas dan masuk ke peringkat 9 klasemen Porprov XVI Jateng 2023 yang di gelar di Pati Raya.

Dari hasil ini, Banjarnegara berada di peringkat 9 di bawah Kabupaten Banyumas yang sama-sama mendapatkan 29 medali emas, hanya saja Banyumas unggul dalam perolehan medali perak dan perunggu.
Kontingen Kabupaten Banjarnegara harus puas di peringkat 9 dengan perolehan 29 medali emas, 18 perak, dan 28 perunggu, sementara Kabupaten Banyumas berada di posisi 8 dengan raihan 29 medali emas, 44 perak, dan 50 perunggu. Sedangkan peringkat 3 besar masih didominasi oleh Kota Semarang dengan 185 medali emas, disusul Kabupaten Grobogan di posisi ke dua dengan 100 medali emas dan Kota Surakarta di posisi ke tiga dengan 78 medali emas.

Posisi 10 besar lainnya dominasi oleh tuan rumah pelaksanaan Porprov Pati Raya di enam kabupaten, yakni Pati, Grobogan, Kudus, Jepara, Rembang, dan Blora. Kabupaten Grobogan sukses melesat ke peringkat dua dengan raihan 100 emas, 80 perak, dan 76 perunggu, sedangkan Kabupaten Pati harus puas berada di peringkat 4 dengan 46 medali emas, 43perak, dan 69 perunggu, atau satu strip di bawah Kota Surakarta yang berada di peringkat 3 dengan 78 medali emas.

Sementara tuan rumah lainnya yakni Kabupaten Jepara berada di peringkat 5 dengan raihan 44 emas, 30 perak, dan 47 perunggu, dan Kabupaten Blora berada di peringkat 6 dengan 39 emas, 43 perak, dan 41 perunggu. Sementara itu, Kabupaten Rembang yang juga menjadi tuan rumah dalam gelaran multi event olahraga empat tahunan ini harus puas di peringkat 30 dengan raihan 4 emas, 5 perak, dan 13 perunggu.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong menyambut baik atas prestasi ini, sesuai dengan target, Banjarnegara masuk 10 besar dengan raihan minimal 25 medali emas, meskipun dia mengaku ada beberapa cabang olahraga gagal meraih medali emas meski sebelumnya sudah dipatok target medali.

Disisi lain, ada beberapa cabor yang sebelumnya tidak dipatok target medali emas justru berhasil meraih medali emas. Ini merupakan satu bentuk kekompakan dan semangat juang para atlet dan pelatih di lapangan.

"Secara keseluruhan, perjuangan atlet dan pelatih sangat luar biasa, mereka sudah berjuang sekuat tenaga, dan Alhamdulillah Banjarnegara bisa memenuhi target medali dan masu 10 besar Porprov Jateng 2023," ujarnya.

Yang lebih membanggakan lagi, dalam kontingen Banjarnegara Porprov kali ini hanya menurunkan 28 cabang olahraga dari 59 cabang olahraga yang dipertandingkan. Tak cukup sampai di situ, beberapa atlet juga sudah berjuang demi meraih medali emas, bahkan ada yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

"Secara keseluruhan, mereka sangat luar biasa, sebab kami para pemgurus KONI Banjarnegara terjun langsung dan melihat perjuangan para atlet, namun kami tetap melakukan evaluasi demi perbaikan dan peningkatan prestasi ke depan, termasuk meminta penjelasan dari beberapa cabor yang gagal meraih target medali emas," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut