get app
inews
Aa Read Next : Razia Rumah Kos di Banjarnegara, Petugas Gabungan Temukan Kondom Dan PSK

Polres Banjarnegara Gandeng Masyarakat Cegah Karhutla

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 17:08 WIB
header img
Kapolres Banjarnegara saat melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Polres Banjarnegara membantun kemitraan dengan masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan di RPH Siweru BKPH Karangkobar di Petak 41E RPH Siweru Komplek Lawe Desa Kalilunjar, Banjarmangu, Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan, kerjasama dan keterlibaran masyarakat ini merupakan bagian dari optimalisasi dan sinergi 6 pilar dengan masyarakat dalam pencegahan karhutla di wilayah Banjarnegara.

"Dari sini diharapkan dapat terjalin semangat bersama seluruh pemangku kepentingan lintas sektoral dalam mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan di Banjarnegara," katanya.

Bangunan kemitraan bersama masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar hutan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta menjaga hutan untuk tetap lestari.

Dikatakannya, menjaga kelestarikan hutan dan mencegah kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama, termasuk seluruh elemen masyarakat.

"Adanya materi yang akan disampaikan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk ikut turut serta melakukan perlindungan hutan sehingga kelestarian hutan tetap terjaga dan memberikan wawasan sehingga semuanya menjadi lebih peduli akan kelestariannya dan terhindar dari bencana kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Dengan begitu, semua pihak saling bersinergi demi meningkatkan kesadaran bersama tentang bahaya karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan.

"Kita berikan pemahaman bersama, sehingga ke depan akan bersama-sama menjaga hutan lebih baik lagi. Semua akan lebih berhati-hati dan menghindari tindakan membakar lahan atau tidak membuka lahan atau kebun dengan cara dibakar," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut