get app
inews
Aa Read Next : KPU Banjarnegara Umumkan Calon PPK Pilkada 2024 Terpilih, Berikut Daftar Namanya

Job Fair di Banjarnegara Langsung Diserbu Ribuan Pencaker 

Rabu, 08 November 2023 | 23:05 WIB
header img
Pj Bupati Banjarnegara saat meninjau stand Banjarnegara Job Fair 2023.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Ajang Banjarnegara Job Fair yang dilakukan Pemkab Banjarnegara langsung diserbu oleh ribuan pencari kerja (pencaker). Mereka berebut untuk mengadu nasib dengan mendaftar pada sejumlah perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Banjarnegara Job Fair 2023 ini diikuti oleh puluhan perusahaan dengan menyediakan lebih dari 1.647 lowongan pekerjaan dengan berbagai keterampilan dan jenjang pendidikan, mulai dari driver, staff marketing, front & back Office, operator produksi, staff IT, staff HRD, administrasi accounting, translator, hingga tenaga pendidik.

Ribuan para pencari kerja ini sudah memadati lokasi berlangsungnya Banjarnegara Job Fair untuk melamar langsung ke sejumlah perusahaan yang membuka kesempatan berkarier dalam Banjarnegara Job Fair 2023, bahkan, mereka sudah hadir sejak loket pelayanan belum dibuka.

Kepala Disnaker PMPTSP Kabupaten Banjarnegara Abdul Suhendi mengatakan, untuk Banjarnegara Job Fair 2023 yang mengambil tema 'Ayo Lur, Aja Nganggur' ini diikuti oleh beberapa perusahaan besar dengan membuka sekitar 1.647 lowongan pekerjaan.

"Target atau loker yang disiapkan oleh para perusahaan ini mencapai 1.647 lowongan, kami berharap melalui kegiatan ini dapat mengurangi angka pengangguran, khususnya di wilayah Kabupaten Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang turut serta pada job fair tersebut. Sebab Job Fair ini dilaksanakan untuk menghubungkan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja. 

Dikatakannya, berdasarkan data dari Badan Pusat Stastistik di Kabupaten Banharnegara pada tahun 2022 tercatat angkatan kerja sebanyak 520.962 orang, dari jumlah tersebut yang sudah bekerja sebanyak 487.174 orang, serta jumlah pengangguran terbuka atau yang belum memiliki pekerjaan tetap sebanyak 33.248 orang atau 6,38 persen dari angkatan kerja.

"Kalau data dari Disnaker PMPTSP Banjarnegara, hingga Oktober 2023, setidaknya ada 4.787 orang membuat kartu pencari kerja atau AK1. Tingginya persaingan dalam dunia kerja membuat mereka harus bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang tersedia," katanya.

Adanya Banjarnegara Job Fair ini diharapkan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan pekerjaan bagi masyarakat Banjarnegara. "Banjarnegara Job Fair ini sendiri berkat kerjasama Dinas Tenaga Kerja PMPSTP bersama dengan Apindo selaku asosiasi pengusaha di Kabupaten Banjarnegara." katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut