get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Cabai Murah Distan Banjarnegara di CFD Ludes Dalam Sekejap

Senin, 18 Desember 2023 | 17:12 WIB
header img
Stand cabai murah dinas pertanian langsung di serbu warga

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Harga cabai terus melonjak dalam beberapa pekan belakangan ini, bahkan garha cabai merah di pasaran menembus angka Rp 50 ribu per kilogram. Untuk membatu masyarakat, Dinas Pertanian Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara menggelar Aksi "Promosi Produk Hortikultura' dengan harga murah di Car Free Day (CFD) Banjarnegara. Hasilnya cabai merah yang dijual seharga Rp 15 ribu per bungkus dengan berat 0,5 kilogram ini ludes dalam sekejap.

Promosi produk holtikultura dengan menghadirkan cabai murah ini juga sebagai bagian dari membantu masyarakat yang banyak mengeluh terkait harga cabai yang kian pendas, meski begitu, dalam promosi produk ini juga ditampilkan berbagai produk komoditas pangan utama yang ada di Banjarnegara.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari menjaga stabilisasi pasokan serta harga pangan di Kabupaten Banjarnegara.

"Kita sediakan cukup banyak, dan cabai itu langsung ludes hanya dalam waktu kurang dari 10 menit," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, Firman Sapta Ady.

Menurutnya, aksi ini digelar Pemkab berkolaborasi dengan Bulog untuk membantu masyarakat akibat melonjaknya harga bahan pangan khususnya cabai merah keriting di pasaran. Terlebih saat ini harga cabai merah di pasaran sudah menembus angka Rp 50 ribu per kilogram, sehingga dirinya menggelar kegiatan ini sebagai upaya membantu sedikit meringkankan beban masyarakat.

Dikatakannya, mahalnya harga cabai belakangan ini tidak lepas dari pengaruh cuaca, satu diantaranya akibat dampak Elnino yang menjadikan kemarau lebih panjang. "Jika dalam waktu normal, petani sudah bisa taman cabai pada Agustus-September kemarin, namun karena hujan jatuhnya pada akhir November, ahirnya terjadi gagal tanam sehingga komoditas cabai langka di pasaran," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut