get app
inews
Aa Read Next : Bingung Mau Nonton Timnas di Semifinal AFC U-23, Datang Aja ke Halaman KONI Banjarnegara

Gandeng Dinas Pendidikan, Ini Dia Cabor yang Siap Gelar Popda 2024

Senin, 08 Januari 2024 | 20:08 WIB
header img
KONI Banjarnegara saat menggelar rapat kordinasi terkait Popda kabupaten tahun 2024

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya pengembangan bakat dan prestasi serta pembinaan atlet usia dini, KONI Banjarnegara bersama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara bersiap menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Kabupaten Banjarnegara tahun 2024.

Pelaksanaan Popda dilakukan sebagai satu sarana untuk mencari atlet muda di kalangan pelajar yang siap membela Banjarnegara di ajang yang sama tingkat karesidenan maupun provinsi, sekaligus mencari bibit atlet usia dini yang akan dipersiapkan sebagai atlet Kabupaten Banjarnegara.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, saat ini KONI Banjarnegara sudah membentuk tim yang nantinya akan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara terkait gelaran kejuaraan atlet usia dini di kalangan pelajar.

Ada beberapa cabang yang akan dipertandingkan, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, MA, maupun SMK. Namun tidak semua juara akan mewakili Banjarnegara di ajang Popda tingkat provinsi, sebab sesuai dengan regulasi Popda tahun 2024, ada batasan tahun kelahiran untuk tim Popda provinsi maupun nasional.

"Dalam kejuaraan kelompok umur pelajar atau Popda ini ada dua hal, yakni ajang seleksi bagi atlet Banjarnegara untuk Popda Jateng, dan ada juga yang ditandingkan sampai tingkat kabupaten sebagai ajang pembinaan dan pemasalan atlet prestasi," katanya.

Dikatakannya, beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Popda Kabupaten Banjarnegara diantaranya cabang atletik, renang, wushu, pencak silat, panahan, sepak bola, bola voli indoor dan pasir, sepak takraw, bulutangkis, basket, tenis meja, karate, futsal, dan kemungkinan ada tambahan untuk cabang pentaque.

"Untuk pelaksanaan, nantinya akan dilakukan oleh Pengurus Cabang olahraga, tim dari Pengkab juga akan memantau sejumlah atlet muda yang bisa dipersiapkan untuk regenerasi sebagai atlet kabupaten yang dipersiapkan pada ajang Porprov mendatang," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut