get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Pemkab Banjarnegara Jalin Komitmen Satu Data Akurat dan Terbuka

Selasa, 06 Februari 2024 | 18:33 WIB
header img
Bimbingan teknis untuk terwujudnya good govermance satu data di Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagia bagian dari pemenuhan data yang akurat dan terbuka, maka diperlukan satu komitmen bersama seluruh jajaran pemerintahan di Banjarnegara. Untuk itu, Pj Bupati Banjarnegara Tr Harso Widirahmanto meminta seluruh Kepala OPD dan Camat untuk bersama-sama mewujudkan komitmen bersama demi terwujudnya satu data Kabupaten Banjarnegara

Untuk itu, sebagai langkah awal, dilakukan bimbingan teknis terkait verifikasi data, sehingga data yang diunggah benar-benar layak dan memiliki kualitas yang baik saat disajikan, sehingga data tersebut memberikan manfaat bagi para pengguna data.

Komitmen satu data akurat dan terbuka ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Banjarnegara dalam mendorong terwujudnya good govermance melalui implementasi satu data para Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, adanya data yang akurat dan terbuka ini merupakan satu aset yang sangat berharga dan strategis, sebab data ini bisa menjadikan satu pertimbangan dalam menentukan arah pembangunan serta akan memudahkan pengambilan satu kebijakan pemerintah ke depan.

"Data yang akurat dan terbuka juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data bagi masyarakat," katanya.

Dalam perkembangannya, data yang diperlukan tidak hanya sekadar target dan capaian kinerja beserta data umumnya, tetapi data berupa hambatan atau risiko dan cara mengatasinya yang lazim disebut manajemen risiko.

"Ini juga merupakan suatu data yang wajib dimiliki oleh pemerintah daerah," ujarnya.
Tak hanya itu, Pj Bupati Banjarnegara ini juga berharap penyusunan data yang baik akan bisa memberikan gambaran kondisi wilayah serta tempat kerja masing-masing OPD, sehingga adanya data ini benar-benar tepat guna dan tepat manfaat.

Inspektur Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto menyampaikan, tujuan diselenggarakan bimtek antara lain untuk menyiapkan sumber daya aparatur dalam bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan yang siap daan mampu mengoperasikan, mengelola serta memanfaatkan satu data untuk pegambilan kebijakan.

Disamping itu, terkumpulnya data indikator pembangunan daerah dalam satu tempat secara real time serta terwujudnya pengawaaan daerah yang akuntabel.

"Selanjutnya, data-data yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam satu data tersebut nantinya dapat dimanfaatkan dalam penyampaian beberapa laporan pemerintah daerah antara lain LKPJ/LPPD, SAKIP, RKPD, serta kebutuhan lain yang diperlukan oleh pengguna data," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut