get app
inews
Aa Read Next : Maju Pilkada, Dwi Suryanto Resmi Pensiun Dini dari ASN

Yunus Rosyadi : Pertanian Model Hidroponik NFT Murah, Hasil Maksimal Dan No Ribet

Minggu, 17 Maret 2024 | 10:10 WIB
header img
Yunus saat merawat tanaman melon hidroponik NFT

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara - Yunus Rosyadi, warga Perum Kalisemi Baru Kelurahan Parakancanggah Banjarnegara menemukan cara bagaimana menjadi petani tanpa harus berkotor-kotor, susah payah atau bahkan menguras perhatian. "Sejak tahun 2016 lalu, saya bertani dengan model hidroponik dengan instalasi buatan sendiri. Berawal dari menanam berbagai sayuran  dan mulai menanam buah buahan seperti melon," katanya.

Kebun hidroponik, kata Yunus, didirikan di lahan miliknya di Desa Kutayasa Kecamatan Madukara seluas 150 meter persegi. Dengan metode hidroponik, lahan seluas tersebut bisa ditanami 500 pohon melon dengan sistim gantung. "Saya gunakan model nutrien film tehnik (NFT). Model tersebut paling mudah dan hemat nutrisi dari berbagai model hidroponik," katanya.

Model NFT hanya membutuhkan mesin pompa untuk sirkulasi air nutrisi yang dialirkan pada talang menjadi media tanam melon tanpa tanah. Agar bobot dan rasa maksimal, satu pohon diusahakan hanya 2-3 butir yang dipertahankan sampai panen. "Dalam waktu paling lama 2.5 bulan sudah bisa panen melon. Untuk jenis melon yang saya tanam merupakan melon import dengan varian new century, sweet net 9 dan new ceria. Dan rencananya akan panen sebelum hari raya Idul Fitri. Rata rata perpanen menghasilkan 4 kwintal melon dengan harga rata-rata Rp 25 ribu perkilogramnya," katanya.

Selain bertani sendiri, Yunus juga berbagi ilmu dengan membuka pelatihan khusus generasi muda atau siapapun yang ingin belajar pertanian NFT hidroponik. Sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang datang dari Banjarnegara bahkan luar kota seperti Cilacap, Wonosobo. Mereka belajar dan langsung praktek termasuk menuru model tanamnya," katanya. Yunus juga memanfaatkan media sosial untuk promosi hasil panen dan pembelajaran online secara singkat yaitu FB @Must You Knows (Yunus) dan IG @ hidroponik.olshop.

Modal awal dari pembuatan green house miliknya sebesar Rp 35 jutaan dan hanya sekali sisanya tinggal perawatan. Keuntungan dari model tanam hidroponik NFT adalah hemat tenaga karen tidak mengolah lahan, hemat pupuk dan obat nti hama karena menggunakan screen house atau inseknet. Lebih higienis dan tidak membutuhkan pestisida, tidak mengenal musim baik hujan maupun kemarau karena berada dalam screen house.

"Model tanam hidroponik NFT bisa panen sampai 3 bahkan 4 kali dalam satu tahun. Pertanian seperti ini sangat kekinian, hemat dan hasil maksimal. 500 tanaman melon mampu dirawat sendiri sehingga hemat biaya. Jika ingin belajar, silahkan datang ke greenhouse di Desa Kutayasa Madukara Banjarnegara atau konfirmasi melalui WhatsApp 0822-2661-5446. Pembelajaran gratis," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut