get app
inews
Aa Read Next : Pecah, Euforia Suporter Timnas Garuda Muda Saat Nobar Bareng KONI Banjarnegara

Tenggelamnya Melati Gambir Dari Banjarnegara

Selasa, 26 Maret 2024 | 15:43 WIB
header img
Pemetik melati gambir Dari Desa Situwangi sedang petik melati

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id - Dulu, Desa Lengkong dan sekitarnya merupakan desa penghasil bunga melati gambir. Jika melintasi jalan raya Purbalingga-Banjarnegara via Kecamatan Rakit, saat memasuki desa Badamita hingga Lengkong akan langsung tercium aroma bunga melati. Namun, sejak beberapa tahun ini, kebun melati telah berganti menjadi kebun jambu atau sawah dan hanya menyisakan sepetak dua petak kebun melati yang tersisa.

Dilansir dari wikipedia, melati gambir atau Jasminum officinale adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga zaitun Oleaceae. Ini asli Kaukasus dan sebagian Asia, juga dinaturalisasi secara luas. Petani melati gambir mulai meninggalkan atau beralih ke tanaman lain disebabkan karena hasil yang diperoleh dianggat sangat merepotkan karena harus berpacu dengan waktu.

Boniah (58) pemetik bunga melati gambir asal Desa Lengkong Rakit Banjarnegara mengatakan, bunga melati dipetik harus dibawah jam 12 siang karena jika melewati jam itu, kuncup akan mekar. "Yang dipanen adalah kuncup bunga yang akan mekar. Jika sampai mekar, bunga tidak dibeli pengepul. Selain itu, jika jam 12 belum selesai petik akan ditinggal oleh pengepul," katanya.

Harganya, jika kering perkilogramnya Rp 28 ribu sedangkan bunga basah dihargai Rp 18 ribu perkilogramnya. Menurut Boniah, butuh ketelatenan dan kesabaran saat petik bunga agar bunga tidak rusak saat dipetik dan hasilnya banyak. "Petiknya kudu dengan rasa gembira agar bunga mudah dipetik dan selalu kelihatan oleh mata si pemetik. Jika sedih, bunga seperti hilang dari pandangan," katanya.

Menurut Boniah, di wilayah Lengkong dan Badamita, grumbul tanaman teh gambir sudah nyaris hilang atau berganti tanaman. Pemilik tanaman atau pemetik mungkin sudah tidak kuat lagi dengan ritme petik dan setoran bunga kepada pengepul yang sangat cepat. "Saat ini sudah jarang generasi muda meneruskan usaha melati gambir," katanya.

Darsono, petani asal Lengkong mengatakan masa kejayaanya itu sekitar tahun '80an ditandai dengan berhektr hektar grumbul melati gambir. " Dahulu nanam melati, setiap hari akan menghasilkan uang, karena panen tiap hari," katanya. Saat ini, kata dia, sudah tidak banyak  pemilik sekaligus pemetik melati bahkan nyaris tidak ada. Hanya tinggal segelintir orang saja yang masih bertahan.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut