get app
inews
Aa Read Next : Banjarnegara Kembali Raih Penghargaan UHC Award

Ini Kata Mahasiswa Banjarnegara Soal Layanan Pandawa JKN

Rabu, 18 September 2024 | 11:39 WIB
header img
Seorang mahasiswa Banjarnegara mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan Pandawa di program JKN BPJS Kesehatan.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Era digital membuat semua urusan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien, begitu juga dengan BPJS Kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah menerapkan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa).

Layanan ini ternyara banyak dimanfaatkan oleh generasi muda, seperti yang dialami oleh Farchah Fauziah (24) seorang mahasiswa Banjarnegara yang memanfaatkan layanan Pandawa dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Farchah, awalnya dirinya ingin mendaftarkan program JKN secara mandiri, namun setelah mencari informasi dia kemudian disarankan teman untuk menggunakan layanan Pandawa agar lebih mudah dan cepat.

Tak hanya itu, dia juga mengakui bahwa layanan Pandawa ini sangat membantu dalam proses kepesertaan JKN, tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga bagi keluarganya. Menggunakan layanan Pandawa ini cukup dengan melakukan chat Whatsapp di nomor 08118165165. Layanan administrasi yang disediakan oleh PANDAWA juga sangat beragam. Namun fitur layanan PANDAWA yang pertama kali ia gunakan adalah fitur cek kepesertaan. Untuk mengeceknya, ia hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir untuk bisa mendapatkan informasi terkait status kepesertaan.

"Sebelum daftar, saya berinisiatif mengecek terlebih dulu untuk memastikan apakah saya telah terdaftar atau belum. Dugaan saya ternyata benar, saya dan keluarga saya telah terdaftar sebagai peserta JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI)," katanya.

Mengetahui hal tersebut tentu ia merasa senang dan lega, karena ia dan keluarganya telah mendapatkan perlindungan Kesehatan melalui Program JKN. Ia juga merasa sangat bersyukur karena mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk menjadi peserta Program JKN, karena ia tidak perlu membayar iuran rutin setiap bulannya alias gratis. 

"Harapannya semoga saya dan keluarga sehat terus, biar gak perlu keluar masuk rumah sakit. Menjadi peserta JKN buat jaga-jaga saja jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Program JKN ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, tidak hanya untuk yang sakit saja," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut