get app
inews
Aa Read Next : Trend Positif Reformasi Birokrasi ASN Diapresiasi Wagub

Berkat Program Destara, Istri Wagub Jateng Dapat Anugerah Perempuan Inspiratif

Rabu, 07 Desember 2022 | 18:55 WIB
header img
Istri Wakil Gubernur Jawa Tengah Hj. Nawal Nur Arafah saat menerima penghargaan perempuan inspiratif di Auditorium Garuda, Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Foto dok Kominfo Pemprov Jateng

SEMARANG, iNewsBanjarnegara.id - Istri Wakil Gubernur Jateng, Hj. Nawal Nur Arafah mendapat penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia (PII) 2022 berkat keaktifan dirinya dalam program Desa Sejahtera (Destara). Anugerah tersebut diterima Nawal dalam ajang PII 2022 yang dihelat oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Auditorium Garuda, Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (7/12/2022). 
Istri orang nomor dua di Jawa Tengah ini menerima penghargaan bersama dengan 61 tokoh perempuan lainnya. Nawal dinilai mampu berkontribusi bagi masyarakat melalui lembaga maupun kiprah yang ditekuninya.

Usai menerima penghargaan, Hj. Nawal Nur Arafah mengatakan, peran perempuan diperlukan untuk membangun negeri ini. Oleh karenanya, pemberdayaan perempuan sangat penting untuk digencarkan. Menurutnya perempuan itu bisa menjadi seorang inspirasi dan berbuat sesuatu yang lebih.
Ketua umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng ini menjelaskan, Destara merupakan satu program yang fokus pada pemberdayaan perempuan rentan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi mereka.

"Untuk kegiatannya, saya menggandeng IPEMI," ujarnya.
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh IPEMI. Menurutnya, perempuan harus berkarya dan membuat inspirasi terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Diungkapkan, beberapa kali IPEMI bekerja sama dengan Pemprov Jateng untuk mengangkat UMKM-UMKM yang ada di Jawa Tengah.


Istri Wakil Gubernur Jawa Tengah Hj. Nawal Nur Arafah saat menerima penghargaan perempuan inspiratif di Auditorium Garuda, Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Foto dok Kominfo Pemprov Jateng
 

"Saya ucapkan terima kasih kepada IPEMI hari ini memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan yang memberikan inspirasi kepada masyarakat, sehingga kedepannya banyak perempuan-perempuan yang ikut andil dalam memajukan perekonomian maupun pendidikan yang ada di Indonesia," ujar Wagub Jateng.
Menurutnya, setiap perempuan juga harus memiliki peran penting untuk mendidik generasi penerus. Perempuan yang menjadi ibu rumah tangga mengurus anak-anak dan keluarganya juga merupakan wanita yang hebat.

"Jangan salah bahwa mendampingi anak-anak itu lebih berat dari pada kami-kami para suami, bagaimana pun juga mendampingi anak-anak inilah yang kelak anak-anak itu menjadi orang yang hebat," katanya.
Ketua Umum IPEMI Inggrid Kansil mengatakan, banyak upaya, inisiatif, gagasan, dan aksi yang sudah dilakukan oleh para perempuan baik di tingkat nasional hingga global.

Semua aksi cerdas yang dilakukan menjadi penyemangat untuk menebar inspirasi dan manfaat bagi kehidupan yang lebih baik. Selain itu, kiprah para perempuan juga bisa menjadi contoh dan teladan bagi generasi masa depan bangsa.

"Perempuan hebat tak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga atau sebagai perempuan karir saja. Tapi juga harus bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut