get app
inews
Aa Read Next : Jaga Kebugaran, Wasit Askab PSSI Banjarnegara Jalani Fitnes Test

Peduli Sepak Bola, Wasit Banjarnegara Gelar Turnamen Usia Dini

Minggu, 25 Desember 2022 | 14:51 WIB
header img
Seorang pemain saat mengamankan bola dalam turnamen Banjarnegara Referee Championship 2022 di Banjarnegara, Minggu (24/12/2022). Foto Syarif Tahmid / iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id - Sebagai bentuk kepedulian serta pembinaan atlet sepak bola usia dini, korps wasit Banjarnegara menggelar turnamen sepak bola bertajuk 'Banjarnegara Referee Championship 2022' yang dilangsungkan di Stadion Purwamenggala Purwonegoro, Minggu (25/12/2022).

Turnamen sepak bola tersebut dibagi dalam dua kelompok usia, yakni U-10 dan U-12 dengan total hadiah mencapai Rp 7.000.000,-.
Ketua Panitia Arif Wartono mengatakan, dalam turnamen sepak bola usia dini ini diikuti oleh 27 tim dari berbagai daerah, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, dan Banyumas.

"Untuk sistemnya kita menggunakan setengah kompetisi pada putaran grup, setelah itu masuk babak 8 besar dengan sistem gugur," ujarnya.

Dikakatakannya, peserta yang turun dalam turnamen ini terdiri dari 10 tim untuk kelompok usia di bawah 10 tahun, dan 17 tim untuk kelompok usia di bawah 12 tahun. Mereka merupakan atlet sepak bola muda yang dibina oleh klub atau sekolah sepak bola usia dini.


Turnamen sepak bola usia dini Banjarnegara Referee Championship 2022. Foto. Syaruf TM / iNewsBanjarnegara.
 

Menurutnya, dalam Banjarnegara Referee Championship ini, panitia menyediakan piala dan setifikat bagi para pemenang, dimana juara I untuk masing-masing kategori berhak atas piala dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000, juara II mendapatkan Rp 1.000.000, dan juara III bersama masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000.

Turnamen Banjarnegara Referee Championship 2022 ini merupakan bagian dari upaya korps wasit Banjarnegara dalam meningkatkan prestasi sepak bola usia dini, apalagi event ini sengaja digelar bertepatan dengan hari libur sekolah.

"Selain untuk mengisi liburan sekolah, ajang ini juga bisa menjadi pembinaan dan pencarian bibit atlet usia muda, apalagi kompetisi segala usia sempat dihentikan selama Pandemi Covid 19, sehingga ini bisa menjadi ajang pembuktian serta evaluasi bagi sekolah sepak bola usia dini dalam meningkatkan prestasi anak didiknya," katanya.

Dalam kejuaraan Banjarnegara Referee Championship 2022 U-10, tim IM Purwokerto Merah berhasil keluar sebagai juara setelah dalam babak final berhasil mengalahkan Puslat Utama Purbalingga melalui adu pinalti. Sementara juara III bersama disematkan pada Puslat Pawana Banjarnegara dan LPSB Purwokerto.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut