get app
inews
Aa
Read Next : Tahun 2024, Rp 4,2 Miliar Dari Pusat Untuk PDAM Banjarnegara

Wong Banjarnegara Buka Kemenangan Timnas vs Brunai

Senin, 26 Desember 2022 | 21:47 WIB
header img
Syahrian Abimanyu bersama skuat garuda melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Brunai Darussalam, Senin (26/12/2022). Foto. dok PSSI

JAKARTA,iNewsBanjarnegara.id - Timnas Indonesia berhasil pesta gol ke gawang Brunai Darussalam dalam lanjutan grup A Piala AFF 2022 yang digelar di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, Senin (26/12/2022). Egy Maulana Vikri dkk sukses mencukur Brunai dengan 7 gol tanpa balas.

Dalam laga tersebut, pertandingan berjalan cukup menarik, beberapa peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim, dan skuat Garuda baru bisa membuka keunggulan pada menit ke 20 melalui putra asli Banjarnegara Syahrian Abimanyu.

Gol Abimayu berawal dari serangan balik yang dibangun oleh Egy Maulana Vikri yang menusuk dari sisi kanan pertahanan lawan dan mengirimkan umpan terobosan pada Dedy yang kemudian melakukan umpan pendek pada Spaso Abimanyu yang langsung mehujamkan tendangan keras ke gawang Brunai untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia.

Tertinggal 1 gol, Brunai berusaha untuk bangkit, bahkan beberapa peluang berhasil diciptakan, termasuk saat serangan balik yang dilakukan oleh Hakeme Yazid yang melakukan solo run, beruntung aksinya berhasil diamankan oleh sang penjaga mistar gawang skuat garuda Nadeo Arga Winata.

Sebelum babak pertama usai, tepatnya di menit ke 41, skuat garuda kembali menambah keunggulan melalui Dendy Sulistyawan yang memanfaatkan sontekan Saddil Ramdani usai mendapatkan umpan silang dari Asnawi Mangkualam, kedudukan 2-0 untuk skuat garuda bertahan hingga turun minum.

Indonesia kembali mendapatkan peluang melalui sontekan Hansamu Yama pada menit ke 51, sayang Hansamu yang berdiri bebas dekat gawang Brunai gagal memanfaatkan umpan matang Asnawi yang melakukan tusukan dari sisi kanan, sontekan kaki kanan Hansamu masih melambung di atas mistar gawang Brunai Darussalam.


Keakraban skuat garuda bersama sang pelatih Shin Tae yong. Foto dok PSSI.
 
Lima menit berselang, giliran Egy Maulana Vikri mendapatkan peluang setelah berhasil menusuk ke dalam kotak pinalti, sayang tembakan Egy masih berhasil diblok oleh penjaga gawang Brunai. Tak butuh waktu lama, Egy sukses menambah keunggulan timnas menjadi 3-0 setelah tandukannya sukses memperdaya kiper Brunai setelah mendapatkan umpan silang dari Edo Febriansah.

Dua menit kemudian atau pada menit ke-61 Indonesia berhasil memperlebar keunggulan menjadi 4-0 lewat sontekan backheel Spaso usai meneruskan umpan Asnawi. Anak asuh Shin Tae-yong (STY) kembali melebarkan keunggulan 5-0 melalui kaki Ramadhan Sananta usai meneruskan umpan Yakob Sayuri dari sisi kanan.

Menit ke 87, giliran Marc Klok menambah keunggulan timnas garuda 6-0 usai memanfaatkan umpan dari Yakob Sayuri, memasuki tambahan waktu, giliran Yakob Syuri menutup kemengan skuat garuda dengan skor meyakinkan 7-0.

Dengan hasil ini, anak asuh STY membuka peluang untuk lolos ke babak semifinal, sebab pada pertandingan lain, Thailand sukses menggulung Filipina 4-0. Dengan hasil ini, maka skuat garuda naik peringkat ke posisi ke 2 klasemen sementara grup A Piala AFF 2022 di bawah sang pemuncak klasemen sementara Thailand yang sama-sama mengemas 6 poin dari 2 laga. 

Sementara, Brunei Darussalam dipastikan sudah tersingkir dalam perburuan tiket ke semifinal seetlah 3 kali mengalami kekalahan pada putaran grup A klasemen sementara Piala AFF 2022. Pada laga berikutnya, skuat garuda akan menghadapi Thailand di Stadion GBK pada Kamis (29/12/2022).

Susunan Pemain Brunei vs Indonesia di Piala AFF 2022:

Timnas Brunei Darussalam XI:
Haimie Abdullah Nyaring, Alinur Jufri,Khairil Suhaimi, Hanif Hamir, Wafi Aminuddin, Shafie Efenddy, Hakeme Yazid, Naziruddin Ismail, Najib Tarif, Hendra Idris, Abdul Azizi Rahman

Timnas Indonesia XI: 
Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Hansamu Yama, M Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani; Dendy Sulistyawan, Ilija Spasojevic, dan Egy Maulana Vikri

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut