get app
inews
Aa Read Next : Dorong Santri Berwirausaha dengan Santripreneur Award

Cara Gila Om Bob Agar Sukses Berbisnis

Rabu, 28 Desember 2022 | 06:27 WIB
header img
Bob Sadino pengusaha nyentrik. Foto.wikipedia

SIAPA tak kenal dengan sosok pengusaha sukses kaya raya dengan penampilan nyentrik Bob Sadino. Pria yang suka mengenakan celana pendek ini bahkan selalu out of the box dalam menjalankan konsep bisnisnya. Ide gila dalam berbisnisnyapun selalu membuat banyak orang tercengang, namun itulah Bob Sadiono yang biasa disapa dengan sebutan Om Bob.

Meski Om Bob sudah berpulang tahun 2015 lalu, konsep gilanya dalam berbisnis banyak menjadi rujukan para pengusaha. Tak hanya dari caranya berbisnis, konsep gila dari pengusaha yang gemar mengenakan kemeja pendek dan celana pendek di atas lutut ini juga sangat unik.

Konsep gila Om Bob selalu berbeda dengan para pengusaha pada umumnya, bahkan jorgan ke kantor dengan celana kolor yang dicetuskan Om Bob masih jelas teringat di benak sebagian masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda.

Tak hanya itu, dalam beberapa momentum saat dirinya menjadi motovator bisnis, Bob Sadino juga mengatakan 'Jika Ingin Sukses, Jadilah Goblok'. Kata ini memang sederhana, namun sarat akan makna, bahkan semasa hidupnya, Bob Sadino selalu memberikan inspirasi pada kata orang goblok. Bahkan dia juga mengatakan 'Orang goblok sulit dapat pekerjaan, akhirnya buka usaha sendiri.

Saat usahanya berkembang, orang goblok akan mempekerjakan orang pintar'.

Nah untuk lebih jelasnya, ada beberapa kutipan dan tips serta konsep dan ide gila Bob Sadino dalam menjalankan bisnisnya.

1. Orang Bodoh Jadi Bos 
Konsep ini mungkin sangat tidak masuk akal, namun bagi Bob Sadino konsep ini sangat penting dalam berbisnis, sebab dia juga pernah berkata 'Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai, dan sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bosnya;.

Atas konsep ini pula lah yang akhirnya membawa sang pebisnis sukses nan nyentrik pulang kampung ke Indonesia setelah sekian lama bekerja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan di Hamburg dan Amsterdam Belanda.

Makanya, dia juga selalu berpikir bahwa kalau mau sukses harus jadi orang bodoh, sebab orang yang dianggap bodoh harus memulai usaha sendiri, hal ini karena orang tersebut akan selalu ditolak saat melamar pekerjaan karena dianggap bodoh.

2. Menjadi Peka Berkat Jalanan
Masa-masa hidup di jalanan yang dialami Bob Sadino ternyata membawa berkah, Om Bob mengaku pernah menjalani hidup di jalanan selama bertahun-tahun, saat itulah dia melihat berbagai hal yang berkaitan dengan dunia wirausaha. Pengalaman itu pula yang membuat dirinya peka terhadap peluang bisnis yang ada di sekitarnya.

3. Kurangi Analisis 
Analisis merupakan satu metode bagi orang yang akan menjalankan sebuah usaha, namun tidak dengan Bob Sadion, dia menyebutkan jika mau sukses, analisis ini harus dikurangi. Sebab dia menilai setiap orang yang melakukan analisis seringkali terfokus pada hal-hal negatif, sehingga ini akan membuat sebagian orang mudah berpikir hal buruk yang bisa terjadi pada usahanya.

Menurut Bob Sadino, dari pada memikirkan hal buruk yang terjadi dalam usaha yang akan dijalaninya, lebih baik segera bertindak dan memulai usaha, dan terus berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari usaha yang Anda lakukan.

4. Kurangi Rencana Pemikiran
Berbeda dengan para pebisnis pada umumnya terkait dengan rencana pemikiran dalam bisnis secara matang, Bob Sadino justru berpikir sebaliknya, sebab bagi Bob Sadino, membuat perencanaan secara matang merupakan suatu yang bisa menjadi bencana. 

5. Carilah Kegagalan dan Kerugian 
Keuntungan dalam berbisnis merupakan satu tujuan, maka banyak para pebisnis berpikir tentang keuntungan dan antisipasi kerugian dalam bisnisnya. Bob Sadino juga berpendapat lain, dalam bukunya yang berjudul 'Belajar Goblok dari Bob Sadino', dia menceritakan tentang para pengusaha yang kebanhakan berpikir linier, yakni kalau mau usaha berarti harus untung agar usahanya berhasil.

Faktanya, saat menjalankan usaha seringkali pengusaha justru mengalami kerugian dan kegagalan. Itulah alasan mengapa ia menyarankan untuk mencari kegagalan dan kerugian. Bagi Bob Sadino sebuah keberhasilan dalam bisnis adalah sebuah titik puncak dari sekian banyak kegagalan yang telah dialami.

Nah.. inilah cara-cara bisnis Om Bob yang gila, namun semua orang mengakui ide dan cara gilanya dalam berbisnis sudah memberikan banyak inspirasi bagi banyak orang. 
Hal gila yang dilakukan semasa hidupnya dalam berbisnis akan selalu menjadi motivasi bagi kaum muda yang siap untuk menjadi pengusaha sukses dengan modal dengkul.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut