get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Gen Z di Banjarnegara, Ganjar Cerita Masa Sulit Saat Muda

Taj Yasin Apresiasi Sandal Nusantara Bekali Orang Jalanan dengan Ilmu Agama

Rabu, 04 Januari 2023 | 07:51 WIB
header img
Sandal Nusantara mendapatkan apresiasi dari Wagub Jateng Taj Yasin karena telah memberikan ruang bagi anak jalanan dalam belajar agama. Foto dok.Pemprov Jateng

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memberikan apresiasi kepada Pesantren Santri nDalan (Sandal) Nusantara yang tetap eksis mengajak generasi muda untuk belajar dan mendalami ilmu agama.

Menurutnya, Sandal Nusantara telah memberikan wadah bagi orang jalanan dan anak muda yang ingin belajar agama, namun mereka sungkan untuk datang kepada guru atau kyai, jika tak ada yang merangkulnya. Padahal, setiap manusia memiliki hak untuk menimba ilmu agama.

"Masyarakat yang ada di jalan, atau masyarakat awam yang ingin benar-benar ingin belajar agama ini bisa ditampung," katanya.

Dikatakannya, perjalanan Sandal Nusantara yang sudah berusia lima tahun dan dikelola oleh Muhammad Nurul Huda ini sangat luar biasa, namun Wagub juga berpesan agar mereka yang belajar agama juga dibekali untuk pemahaman yang baik dan cinta terhadap negara dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah provinsi mendukung upaya yang telah dibangun, sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang datang untuk belajar agama. "Dengan metode ala thoriqoh ahlussunnah wal jama'ah, nilai-nilai keagamaan itu digabungkan dengan nilai-nilai kebangsaan. Ini harus diapresiasi, kita harus mendorong, karena ini bisa menjadi benteng dan penguat kesatuan umat dan keutuhan NKRI," katanya.

Terkait dengan kebutuhan tempat belajar yang representatif, kajian atau belajar ilmu agama bisa disiasati dengan melakukan kerjasama dengan masjid yang selama ini ditempati untuk belajar mengaji, namun jika ingin lebih dikembangkan lagi, segera lakukan pengurusan persyaratan administrasi secara baik, sehingga pemerintah bisa memberikan dukungan langsung pada Sandal Nusantara ini, termasuk dengan mendaftarkan pada kementerian agama demi mendapatkan legalitas pendidikan pesantren.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut