get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Pengurus Dekranasda Banjarnegara Dikukuhkan, Ini Targetnya

Rabu, 11 Januari 2023 | 17:40 WIB
header img
Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso saat mengukuhkan pengurus Dekranasda Banjarnegara di Pendopo Dipayudha Banjarnegara, Rabu (11/1/2023). Foto dok Kominfo Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id-Pj Bupati banjarnegara Tri harso Widirahmanto mengukuhkan pengurus penetapan Lucia Utariningsih sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjarnegara. Pengukuhan dilakukan oleh Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirtahmanto di Pendopo Dipayudha Banjarnegara, Rabu (11/1/2023).

Dalam sambutanya, Pj Bupati Banjarnegara Tr Harso Widirahmanto mengatakan, pengukuhan Dekranasda ini dilakukan sebagai satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi lokal yang ada di Banjarnegara, khususnya dalam hal ekonomi kreatif.

Menurutnya, pada era digital saat ini, butuh upaya dan terobosan baru dalam mengembangkan produk lokal agar semakin berkualitas dan berdaya saing. Dekranasda ini merupakan wadah bagi kerajinan dan ekonomi kreatif yang ada di Banjarnegara.

Tak hanya itu, dalam peningkatan kualitas juga dibutuhkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para pengrajin maupun pelaku UMKM agar memiliki daya saing dan mampu mengembangkan kreativitas dengan berbagai inovasi produk.

"Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Dekranasda, antara lain bagaimana menyusun kegiatan dan rencana kerja ke depan untuk meningkatkan kemampuan SDM yang berdaya saing melalui berbagai pelatihan serta dibutuhkan regenerasi para pengrajin dan pelaku UMKM untuk melestarikan produk berbasis lokal," katanya.

Selain itu, kolaborasi dengan berbagai stakeholder diperlukan untuk memperluas pangsa pasar agar produk lokal bisa lebih dikenal baik nasional maupun internasional. Dia juga berharap pengurus baru Dekranasda ini diharapkan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan ikhlas.

"Saya berharap Dekranasda Banjarnegara bisa lebih aktif dan membawa kemaslahatan di tengah masyarakat," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut