get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Tahun Ini, Dindukcapil Banjarnegara Targetkan 200.000 Penduduk Gunakan IKD

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:06 WIB
header img
Kepala Dindukcapil Banjarnegara Tien Sumarwati. Foto dok

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) terus melakukan upaya peralihan penggunaan identitas digital.

Untuk itu, pada tahun 2023, Dindukcapil Banjarnegara menargetkan sedikitnya 200.000 penduduk Banjarnegara sudah bisa memanfaatkan dan menggunakan Indentitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai indentitas resmi.

Kepala Dindukcapil Banjarnegara, Tien Sumarwati mengatakan, pada tahun 2023 ini, jumlah penduduk Banjarnegara yang sudah memiliki KTP elektronik mencapai 750.000, secara bertahap, penggunaan IKD akan terus dilakukan demi memudahkan pelayanan masyarakat dalam urusan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

"Saat ini baru sekitar 2.900 penduduk Banjarnegara yang sudah menggunakan IKD. Kami targetkan akhir tahun ini 25 persen atau 200.000 penduduk Banjarnegara sudah bisa memanfaatkan IKD," katanya.

Menurutnya, IKD merupakan transformasi dokumen kependudukan dalam bentuk fisik menjadi digital. IKD ini diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus suatu kepentingan atau layanan yang membutuhkan identitas kependudukan tanpa harus membawa dokumen fisik.

"Dengan IKD kita cukup membawa smartphone yang terkoneksi dengan internet," katanya.
Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto mengatakan, IKD merupakan satu terobosan dalam upaya percepatan pelaksanaan pelayanan publik seperti yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022.

IKD juga menjadi Identitas yang valid sebagai dasar pemberian pelayanan publik dan telah menggunakan sistem autentikasi guna mencegah kebocoran dan pemalsuan data.

"Ke depan IKD akan diberlakukan bagi semua penduduk secara bertahap. Oleh karena itu melalui harus ada koordinasi dan keterlibatan banyak pihak sebagai langkah untuk menyamakan persepsi dan mengawal agar implementasi serta pemanfaatan IKD bisa berjalan baik di Kabupaten Banjarnegara," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut