get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Embun Es Kembali Terjadi di Dieng, Suhu Permukaan Capai Minus 5 Derajat Celsius

Cek Kesiapan Perangkat, Ganjar Kunjungi Pos Gunung Dieng

Rabu, 01 Februari 2023 | 17:16 WIB
header img
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memantau perkembangan aktivitas gunung Dieng di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng di Desa Karangtengan, Kecamatan Batur Banjarnegara, Rabu (1/2/2023). Foto Ardian/iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id-Demi memastikan kesiapan dan tindak antisipasi terkait peningkatan status gunung Dieng, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke pos pengamatan gunung api Dieng yang ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Rabu (1/2/2023).

Kunjungan dilakukan bersama dengan Basarnas, BPBD Banjarnegara, serta unsur pemerintah Kabupaten Banjarnegara, TNI, dan kepolisian. Hal ini dilakukan untuk melihat sejumlah peralatan terkait dengan peningkatan status gunung Dieng.

Menurutnya, kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung kesiapan dan kelengkapan peralatan pemantauan aktivitas gunung Dieng, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan dan keselamatan warga.

"Kita ingin melihat kelengkapan yang ada, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, ini sangat diperlukan sebagai tindakan antisipasi jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat terjadi peningkatan aktivitas kawah Dieng ini, kita juga melihat kelengkapan penunjang lainnya," katanya.

Meski begitu, dia juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti serta mematuhi arahan dari BPBD maupun Basarnas terkait jarak aman warga dalam melakukan aktivitas, mengingat saat ini masih terjadi peningkatan aktivitas gunung api Dieng.

"Informasinya harus update terus, perkembangan terus dipantau, lakukan koordinasi dengan masyarakat, khususnya pada batas radius aman," ujarnya.

Meski masih mengalami peningkatan aktivitas, Dieng masih aman dikunjungi oleh para wisatawan, dia juga mengimbau pada wisatawan untuk tidak panik dan bisa berkunjung ke dataran tinggi Dieng.

Seperti diketahui, Secara resmi Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI meningkatkan status gunung Dieng dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada).

Naiknya level gunung api Dieng ini sesuai dengan rilis resmi yang disampaikan oleh Badan Gelologi Kementerian SDM RI dengan surat Nomor: 3 Lap./GL.05//BGL./2022 tertanggal 14 Januari 2023 prihal peningkatan aktifitas Gunung Dieng dari Level I ke Level II terhitung mulai 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB.

Plt Kepala Badan Gelologi Kementerian SDM Muhammad Wafid menyebutkan bahwa dataran tinggi Dieng merupakan suatu komplek gunungapi aktif tipe A, secara morfologi gunung Dieng memiliki beberapa kawah dan lapangan fumarola yang saat ini masih aktif, diantaranya Kawah Timbang dan Kawah Sileri yang seringkali mengalami peningkatan aktivitas dan erupsi.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut