get app
inews
Aa Read Next : Meriah, Kontes Ayam Kate Kompakbara Cup 2023 di Banjarnegara

Menabung 10 Tahun, Penjual Ikan Asin di Banjarnegara Bisa Pergi Haji

Jum'at, 26 Mei 2023 | 16:35 WIB
header img
Pasangan lansia penjual ikan asin di Kabupaten Banjarnegara bisa menunaikan ibadah haji setelah 10 tahun menabung.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Tekad dan niat untuk menunaikan ibadah haji menjadi modal awal bagi pasangan Sutarno (68) dan Baniroh (58). Pedagang ikan asin di Pasar Manis Punggelan Banjarnegara ini rela menyisihkan uang hasil dagangannya demi niatnya bisa ke tanah suci.

Bahkan, warga Desa Badakarya, Kecamatan Punggelan ini sudah menyisihkan uang sebesar Rp 500 ribu di setiap hari pasaran sejak 10 tahun lalu. Hal ini dilakukan demi mewujudkan niatnya menunaikan ibadah haji.

Penantian dan keprihatinannya terbayar sudah, pasalnya pasangan kakek nenek penjual ikan asin ini akhirnya masuk dalam kelompok terbang (kloter) 77 Banjarnegara yang akan berangkat ke tanah suci pada 16 Juni mendatang.

"Sejak 10 tahun lalu saya memang sengaja menysihkan yang hasil jualan untuk menabung setiap hari pasaran Rp 500 ribu untuk naik haji, dan Alhamdulillah bisa terkumpul dan bisa berangkat tahun ini," kata Sutarno.

Rasa haru tentu dirasakan pasangan ini, pasalnya keinginan berangkat ke tanah suci memang sudah menjadi impiannya, keduanya juga berharap bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dan bisa kembali ke tanah suci dengan sehat serta menjadi haji yang mabrur.

"Persiapan saat ini terus menjaga kesehatan dengan olahraga, serta belajar doa-doa hingga rangkaian ibadah," ujarnya.

Sementara sang istri Baniroh mengaku sangat bahagia sekali bisa berangkat ke tanah suci dan menjalankan ibadah haji, hal ini sudah diimpikan sejak puluhan tahun lalu sehingga akhirnya memutuskan untuk menabung minimal Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu setiap hari pasaran hasil jualan ikan asin.

"Setiap pasaran kami selalu menabung, dan Alhamdulillah tahun ini bisa berangkat ke tanah suci, rasanya bahagia sekali," katanya.

Ali Mustofa, Pegawai Kemenag Banjarnegara mengatakan, untuk tahun ini Banjarnegara memberangkatkan 840 calon jemaah haji, dimana jumlah tersebut terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni kloter 76, 77, dan 78.

"Untuk tahun ini jemaah calon haji Banjarnegara terbagi dalam tiga kloter, dan Sutarno merupakan bagian dari itu yang akan berangkat ke Donohudan pada 16 Juni nanti," katanya.

Dikatakannya, untuk jemaah calon haji asal Banjarnegara tahun ini memang banyak jemaah lanjut usia, sehingga para jemaah harus mampu mengatur kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap fit demi bisa menjalankan semua rangkaian ibadah di tanah suci.

"Para calon jemaah ini harus bisa menjaga kesehatan, mulai menjaga makanan hingga istriahat yang cukup," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut