get app
inews
Aa Read Next : Mengenang Kuliner Tempo Dulu di Kopi Kebul Banjarnegara

Meriah, Kontes Ayam Kate Kompakbara Cup 2023 di Banjarnegara

Minggu, 02 Juli 2023 | 13:58 WIB
header img
Proses penjurian dalam kontes ayam kate Kompakbara Cup 2023 di PLTA Tulis Banjarnegara, Minggu (2/7/2023). Foto. iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Ratusan peserta dari berbagai daerah ikut hadir dan memeriahkan kontes ayam kate Banjarnegara bertajuk Kompakbara Cup 2023 yang digelar di kompleks perumahan PLTA Tulis Banjarnegara, Minggu (2/7/2023).

Kontes ini merupakan satu sarana silaturahmi sesama pencinta ayam kate dari berbagai wilayah, selain itu kontes ini juga ikut mengangkat harga jual ayam kate, dimana pemenang dari kontes ini bisa meningkat hingga beberapa kali lipat.

Ketua panitia Arif Wijaya mengatakan, awalnya kontes ayam kate bertajuk Kompakbara Cup 2023 ini digelar untuk tingkat Jateng DIY, namun seiring dengan berjalannya waktu, peserta terus membludak hingga luar wilayah, termasuk ada peserta dari Bandung, Bekasi, Cianjur, dan DKI Jakarta yang ikut mendaftar, sehingga skala lomba menjadi tingkat nasional.

Selain itu, adanya kontes ini juga untuk memperkuat jalinan silaturahmi sesama pencinta ayam kate, termasuk untuk meningkatkan harga jual dari ayam mungil ini.

"Kalau menang lomba, otomatis harga naik, sebab penjurian ayam ini tidak hanya dari segi keindahan, kebersihan saja, ayam pemenang lomba tentunya memiliki kondisi fisik yang nyaris sempurna dan bagus, sehingga layak juara," kata ketua panitia Arif WIjaya.

Tidak hanya pada indukan, harga anakan dari ayam pemenang kontas ini juga bisa ikut naik, apalagi dalam kontes ini memperlombakan delapan nomor ayam kate, yakni kategori jantan dan betina.

"Untuk jantan sendiri terbagi dalam empat kelas, yakni Jali Dewasa, Klasik Dewasa, Wido Dewasa, dan Unik Dewasa. Sementara untuk betina terdiri dari nomor Jali, Putih, Coklat Gold, dan Hitam Wido,” katanya.

Menurutnya, adanya kontes ayam kate ini juga diharapkan ikut mengangkat ayam mungil ini, sehingga ayam kate tidak dipandang sebelah mata, dan ayam kate memiliki nilai jual yang tinggi dan lebih baik.

Dikatakanya, dalam kontes ini, lebih dari 120 peserta dari berbagai daerah di jawa tengah, DIY, dan jawa barat, bahkan dari DKI Jakarta juga ikut hadir dalam kontes ini. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut