get app
inews
Aa Read Next : Bingung Mau Nonton Timnas di Semifinal AFC U-23, Datang Aja ke Halaman KONI Banjarnegara

Tumbuhkan Semangat Juang dan Jiwa Korsa, Atlet Pelatkab Banjarnegara Jalani Character Building

Minggu, 11 Juni 2023 | 15:02 WIB
header img
Sejumlah atlet dan pelatih Pelatkab Banjarnegara saat menjalani character building oleh Kodim 0704 Banjarnegara, di lapangan Politeknik Banjarnegara, Minggu (11/6/2023). Foto. iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi menumbuhkan jiwa korsa dan semangat juang jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Jateng 2023, KONI Banjarnegara bersama dengan Kodim 0704 Banjarnegara menggelar Character Building bagi atlet dan pelatih Pelatkab Banjarnegara.

Kegiatan tersebut merupakan satu bentuk keseriusan KONI Kabupaten Banjarnegara dalam menyiapkan atlet menghadapi Porprov yang akan dilaksanakan di Pati Raya pada Agustus mendatang. Character Building merupakan satu upaya dalam membangun karakter dan membentuk mental juara atlet Pelatkab.

Para atlet dan pelatih Pelatkab digembleng langsung oleh instruktur dari Kodim 0704 Banjarnegara guna membangun karakter juang atlet Pelatkab Banjarnegara yang dipersiapkan mengikuti Porprov Jateng 2023.

Dalam kegiatan tersebut, lebih dari 250 atlet dan pelatih Pelatkab Banjarnegara dari 28 cabang olahraga mengikuti motivasi pembangunan karakter ini. Mereka digembleng siraman rohani, materi psikologis, hingga diberikan motivasi oleh motivator.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk memberikan motivasi bertanding untuk para atlet dan juga pelatih, sehingga pada saatnya nanti, mereka siap berjuang dan memenuhi target 10 besar Pororov Jateng 2023.

Menurutnya, jika dahulu pada zaman perjuangan para pejuang menggunakan slogan merdeka atau mati, maka para atlet dan pelatih ini diharapkan mewarisi semangat juang demi harga diri dalam meraih prestasi terbaik.

"Semangat ini yang ingin kita tanamkan pada atlet dan pelatih, sehingga tertaman jiwa patriot sejati demi mengharumkan nama Banjarnegara," ujarnya.


Komandan Kodim 0704 Banjarnegara saat menyematkan tanda peserta character building atlet Pelatkab Banjarnegara.
 

Sementara itu, Komandan Kodim 0704 Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan mengatakan, masalah teknik dan fisik para atlet sudah tentu terlatih di bawah bimbingan pelatih, namun untuk menjadi juara juga membutuhkan sebuah karakter dan mental juara yang kuat.

Menurutnya, karakter bukanlah warisan, karakter tidak bisa dibeli, dan karakter tidak bisa ditukar, namun karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar yang dimulai dari diri sendiri melalui sebuah proses.

Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah, karakter merupakan sebuah proses untuk membentuk, menumbuhkan, mengembangkan dan mendewasakan kepribadian. Ini menjadi sangat penting bagi para pejuang olahraga Banjarnegara.

"Tadi saya bertemu dengan Pj Bupati Banjarnegara, KONI memiliki target 10 besar, namun beliau Pj Bupati Banjarnegara mematok target Banjarnegara masuk 5 besar di Porprov Jateng 2023 mendatang, ini harus menjadi semangat dan tantangan bagi semua, mulai dari jajaran pengurus KONI, Pengkab, Pelatih, dan atlet yang akan berjuang di Porprov 2023," ujarnya.

KONI Kabupaten Banjarnegara sendiri mematok target merebut 10 besar dengan perolehan minimal 25 medali emas, jumlah tersebut bukan satu hal yang mustahil, mengingat Banjarnegara memiliki beberapa cabang unggulan seperti arung jeram, selam, renang, atletik, pencak silat, dan sepatu roda. Belum lagi beberapa cabang yang juga memiliki potensi untuk meraih medali emas.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut