get app
inews
Aa Read Next : Tahun 2024, Rp 4,2 Miliar Dari Pusat Untuk PDAM Banjarnegara

Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Masjid Badamita, Ini Sasarannya

Jum'at, 23 Juni 2023 | 16:46 WIB
header img
Sejumlah jamaah masjid saat mengikuti pemeriksaan kesehatan secara gratis di Masjid Baiturrahman Desa Badamita, Kecamatan Rakit, Jumat (23/6/2023). Foto. dok iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi memberikan kemaslahatan terhadap para jamaah dan masyarkaat sekitar, Ikatan Remaja Masid (IRM) dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman Desa Badamita, Kecamatan Rakit Banjarnegara menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis pada para jamaah dan masyarakat sekitar, Jumat (23/6/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bagian dari program DKM dalam meningkatkan kepedulian sesama serta mengajak para jamaah untuk menjaga kesehatan dan pentingnya melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Pemeriksaan kesehatan secara gartis ini sengaja dilakukan agar para jamaah masjid mengetahui kondisi kesehatan, pemeriksaan kesehatan ini sendiri meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat, serta pengobatan penyakit ringan.

Sekretaris DKM Baiturrahman Desa Badamita Agus Pamuji mengatakan, pemeriksaan kesehatan secara gratis ini merupakan kali pertama, dimana dalam kegiatan ini sedikitnya mampu melayani sekitar 75 jamaah dan masyarakat.

"Untuk kegiatan ini kami bekerjasama dengan Puskesmas 2 Rakit. Dan rencananya, ini akan menjadi kegiatan rutin bagi DKM Baiturrahman," katanya.

Menurutnya, dengan pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan kesehatan para jamaah masjid dapat terpantau, selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran para jamaah dan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

"Dari kegiatan ini, kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kesehatan lingkungan, sebab dengan lingkungan yang sehat, tubuh kita juga bisa lebih sehat, sehingga akan lebih tenang dalam menjalankan ibadah," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini juga menjadi bagian dari program kemasyarakatan yang dilakukan oleh DKM, apalagi program ini juga untuk kali pertama dilakukan di lingkungan masjid dengan sasaran para jamah dan masyarakat sekitar.

"Masjid kan punya infak, jadi kita menggunakan sebagian dana infak ini untuk kegiatan kemasyarakatan, infak ini kan dari masyarakat dan kembali ke masyarakat," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut