get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Warga Sidakangen Banjarnegara Punya Cara Sendiri Peringati HUT RI

Kamis, 17 Agustus 2023 | 17:58 WIB
header img
Warga Desa Sidakangen Kalibening Banjarnegara saat melakukan aksi donor darah HUT RI ke 78. Foto. dok PMI Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Beragai ragkaian kegiatan dilakukan oleh masyarakat di pelosok negeri dalam memeringati HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus, namun cara berbeda dilakukan oleh Pemuda Desa Sidakangen, Kecamatan Kalibening Banjarnegara.

Para generasi muda desa yang menamakan dirinya Pemuda 45 ini melakukan aksi donor darah sebagai puncak peringatan HUT RI ke 78 tahun 2023. Langkah ini ditempuh sebagai bentuk kepedulian sesama dalam memberikan harapan hidup bagi masyarakat yang membutuhkan.

Koordinator kegiatan Inka mengatakan, bakti sosial peduli sesama melalui kegiatan donor darah ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan HUT RI, melalui aksi ini, dirinya mengajak generasi muda untuk rela berkorban dengan menyumbangkan darahnya demi memeberikan harapan hidup bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias, dan yang lebih membanggakan dari kegiatan ini, sebagian besar peserta adalah generasi muda," katanya.

Dikatakannya, kegiatan donor darah yang diprakarsai oleh kader muda sebagai puncak peringatan HUT RI, dan ini menjadi satu momentum untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong generasi muda dalam membantu sesama.

Selain itu, Pemuda 45 ini juga menggandeng klinik pratama PKU Muhammadiyah Kalibening dengan menggelar safari layanan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Koordinator klinik pratama PKU Muhammadiyah Kalibening Agus Sulistianto mengatakan, layanan safari tersebut merupakan satu upaya memberikan servis exelent kepada masyarakat.

"Alhamdulillah kali ini kita bisa berkolaborasi apik dengan PMI, serta unsur remaja, ini merupakan langkah bagus untuk seiring sejalan melayani masyarakat," kataya.

Pengobatan gratis ini mampu melayani sekitar 85 orang yang berdomisili di wilayah Desa Sidakangen. Mayoritas diantara mereka mengeluhkan batuk, pilek, hipertensi dan Cepalgia Myialgia. Kondisi tersebut dimungkinkan karena faktor cuaca ekstrem dan puncak musim kemarau yang saat ini.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut