get app
inews
Aa Read Next : Keren, Sekolah Di SMK Kesehatan Bhakti Husada Klampok, Lulus Langsung Kuliah Atau Jadi Pengusaha

Peringati HUT RI, Pencinta Alam SMAN 1 Sigaluh Bersihkan Monumen Perjuangan

Senin, 21 Agustus 2023 | 18:37 WIB
header img
sejumlah siswa SMAN 1 Sigaluh saat membersihkan sampah di sekitar monumen perjuangan di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Prohatin dengan keberadaan monumen perjuangan yang ada di Desa Prigi Kecamatan Silaguh, sejumlah pencinta alam SMAN 1 Sigaluh melakukan bersih monumen dan sampah yang ada di sekitar lokasi.

Aksi bersih sampah ini dilakukan sebagai bentuk penghortaman dan mengenang sejarah perjuangan bangsa, dimana monumen tersebut merupakan satu bukti sejarah perjuangan para pahlawan saat mengadang tentara NICA pada Februari 1947 di Banjarnegara.

Monumen tersebut merupakan bukti sejarah dan mengingatkan pada para generasi bangsa dalam mengenang sejarah perjuangan bangsa.

Pendamping KPPA SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara Antony Agus Sabaris mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk meningkatkan dan mengenang sejarah perjuangan bangsa sekaligus meningkatkan dan memupuk kepedulian siswa dalam mencintai lingkungan serta memupuk semangat nasionalisme. 

"Kita prihatin di sekitar monumen banyak sampah, terutama sampah plastik. Sehingga kita hari ini membersihkan monumen dan jalan nasional sekitar monumen. Banyak sekali sampah plastik yang kita kumpulkan. Kita menghimbau para pengguna jalan tidak sembarangan membuang sampah di jalan, apa lagi sekitar monumen. Ini sebagai bentuk kecintaan kita pada republik ini," katanya.

Dikatakannya, melalui kegiatan bersih sampah dan monumen perjuangan, setudaknya bisa memberikan contoh pasa masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, tetapi juga beberapa bukti sejarah perjuangan bangsa. 

"Kita ingin menunjukkan kecintaan pada lingkungan sekaligus rasa nasionalisme kami dengan cara kami sendiri. Sehingga kami harap masyarakat tergerak untuk cinta lingkungan sekaligus cinta pahlawan," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut