get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Melek Tekhnologi, UMKM Banjarnegara Dilatih Literasi Keuangan

Rabu, 23 Agustus 2023 | 18:48 WIB
header img
Peserta pelatihan literasi keuangan.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perkembangan usaha bagi UMKM terus dilakukan oleh Dinas Indagkop dan UMKM Banjarnegara, termasuk dengan menggelar pelatihan literasi keuangan bagi pelaku UMKM di Banjarnegara.

Dalam kegiatan ini, sedikitnya 25 pelaku usaha kecil di Banjarnegara mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Surya Yudha Sport Center Banjarnegara, Rabu (23/8/2023). Para pelaku usaha kecil ini mendapatkan pelatihan tentang literasi keuangan dan peningkatan akses pembiayaan.

Kepala Dinas Indagkop dan UMKM Kabupaten Banjarnegara Adi Cahyono mengatakan, pelatihan literasi keuangan bagi pelaku UMKM ini sengaja dilakukan sebagai upaya dan memberikan bekal serta pemahaman pada para pelaku UMKM di Banjarnegara, khususnya yang berkaitan dengan pencatatan keuangan dalam kegiatan usahanya.

"Ini sangat penting, dengan literasi digital ini, para pelaku usaha dapat dengan mudah mengetahui pencatatan keuangan kegiatan usaha, sehingga mereka faham dengan pembiayaan dan sistem keuangan usahanya," katanya.

Selain itu, dengan pelatihan ini, diharapkan para pelaku usaha kecil di Banjarnegara dapat terus meningkatkan usahanya, hal ini dapat dimulai dengan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan dan berkas pencatatan uang.

"Laporan keuangan tersebut berisikan segala macam transaksi yang melibatkan uang, baik transaksi pembelian maupun penjualan," katanya.

Dikatakannya, pelatihan ini merupakan bagian dari usaha pemerintah daerah dalam meningkatkan usaha para pelaku UMKM di Banjarnegara, sehingga mereka dapat bersaing dan terus berkembang.

"Kita terus berupaya agar UMKM ini mampu mencatat seluruh transaksi keuangan dengan baik, sehingga mereka dapat mengetahui keuntungan yang diperoleh dari hasil usahanya," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut