get app
inews
Aa Read Next : KPU Banjarnegara Umumkan Calon PPK Pilkada 2024 Terpilih, Berikut Daftar Namanya

Cegah Kebakaran Hutan, Pj Bupati Banjarnegara Minta Tingkatkan Patroli Terpadu

Kamis, 24 Agustus 2023 | 18:45 WIB
header img
Apel gelar pasukan Satpas Karhutla Banjarnegara di halaman Mapolres Banjarnegara, Kamis (24/8/2023). (dok.PolresBanjarnegara)

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah menjadi perhatian dan tanggungjawab bersama, untuk itu Pj Bupati Banjarnegara meminta tim Satgas Karhutla meningkatkan patroli terpadu dan edukasi terhadap masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Pj Bupati Banjarnegara Tr Harso Widirahmanto saat melakukan apel gelar pasukan Satgas Penanganan Kebakatan Hutan dan Lahan di halaman Mapolres Banjarnegara, Kamis (24/8/2023).

Menurutnya, peningkatan kewasadaan terhadap kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau ini harus ditingkatkan, upaya pencegahan harus menjadi fokus dari Satgas Karhutla, selain itu, patroli terpadu dan sosialisasi serta edukasi pada masyarakat sekitar hutan menjadi bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan sebagai upaya pencegahan terjadinya karhutla.

Dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan ini juga harus melibatkan semua pihak, semua harus berkolaborasi,  baik instansi terkait, pemangku kepentingan, serta masyarakat.

"Kami menekankan pentingnya pencegahan, upaya pencegahan harus menjadi fokus utama kita untuk edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran lahan ilegal harus terus dilakukan," ujarnya.

Selain itu, peningkatan pengawasan, sosialisasi, hingga patroli secara terpadu harus terus dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan identifikasi serta menghentikan praktik- praktik ilegal tersebut.

"Bagi mereka yang terlibat dalam pembakaran ilegal, tindakan hukum yang tegas akan diterapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. tidak akan ada toleransi terhadap pelanggaran yang merugikan lingkungan dan masyarakat," katanya.

Untuk itu ia meminta semua untuk bekerja dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi.

"Mari kita berikan yang terbaik untuk melindungi lingkungan, masyarakat, dan generasi mendatang dari dampak negatif kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan, apel ini merupakan bentuk kesiapan dan antisipasi terkait kemungkinan adanya kejadian kebakaran hutan dan lahan di Banjarnegara pada musim kemarau ini, mengingat saat ini udara siang di Banjarnegara cukup panas dan angin kencang.

"Apel Satgas Karhutla ini menjadi satu wujud sinegitas antara Polres Banjarnegara, Kodim 0704 Banjarnegara, dan Pemkab Banjarnegara serta unsur yang terlibat dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan merupakan masalah yang serius yang tidak hanya mengancam lingkungan, tetapi juga keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Sebagai penegak hukum dan pelindung masyarakat, tugas Kepolisian sangatlah penting dalam mengatasi situasi ini. dalam upaya ini, kerjasama lintas sektor dan koordinasi yang baik akan menjadi kunci kesuksesan," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut