get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

PMI Banjarnegara Targetkan Himpun Rp 1,118 Miliar di Bulan Dana

Minggu, 27 Agustus 2023 | 19:26 WIB
header img
Pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Banjarnegara tahun 2023.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara menargetkan mampu menghimpun dana sebesar Rp 1,118 miliar melalui bulan dana PMI tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua bulan dana PMI Banjarnegara tahun 2023 Indarto.

Ketua bulan dana yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara ini menilai bahwa target tersebut masih realistis, hal ini juga mengacu pada keberhasilan dari bulan dana tahun 2022 yang mencapai 1,079 miliar.

menurutnya, target yang dicanangkan tersebut bersumbar dari tujuh sektor yang ada dalam kepanitiaan. Dimana tujuh sektor ini meliputi sektor penduduk, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kementerian agama, UPT Dinas pendidikan provinsi, pelayanan jasa, pegawai, Indagkop dan UMKM, kesehatan, perbankan, serta jasa konsturksi pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Dari masing-masing sektor tersebut, panitia mematok target masing-masing, Rp 170 juta dari sektor penduduk,  sektor pelajar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ditarget mampu menghimpun dana sebesar Rp 310 juta, sektor pelajar Kementerian Agama dan UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jateng wilayah IX sebesar Rp 75 juta.

Selain itu, pada sektor pelayanan jasa diharapkan mampu memberikan konstribusi sebesar Rp 55 juta, sektor pegawai sebesar Rp 235 juta, sektor Indagkop dan UMKM sebesar 17 juta, dan sektor kesehatan sebesar Rp 70 juta.

Sementara untuk sektor Perbankan ditarget mampu menghimpun dana sebesar Rp 26 juta, dan sektor jasa konstruksi pengadaan barang dan jasa Pemerntah Daerah Kabupaten Banjarnegara ditarget Rp 50 juta.

"Bulan dana PMI bertujuan meningkatkan kesetiakawanan sosial, membantu korban bencana alam dan non alam, serta pelayanan sosial kesehatan, pembinaan generasi muda atau relawan dan untuk membiayai kegiatan PMI satu tahun ke depan," kata Indarto saat pencanangan bulan dana PMI Banjarnegara, Minggu (27/8/2023).

Adapun untuk pelaksanaan bulan dana Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjarnegara Tahun 2023 berlaku hingga 31 Oktober2023 mendatang. Namun, apabila dalam kurun waktu tersebut belum memenuhi target, maka kegiatan bulan dana diperpanjang hingga satu bulan ke depan.

Sementara itu Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmando, berharap panitia dan masyarakat Banjarnegara untuk bisa berpartisipasi mensukseskan bulan dana PMI.

"PMI selalu hadir di tengah masyarakat sesuai visi dan misinya yakni profesional, netral, berkarakter dan bergerak bersama masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam melaksanakan kegiatan pokok sesuai dengan azas dan tujuan PMI, maka penghimpunan dana melalui bulan dana PMI ini bertujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia tanpa membedakan agama, suku bangsa dan pandangan politik.

"Kemitraan bersama dengan masyarakat merupakan keniscayaan bagi gerakan Palang Merah  agar masyarakat ikut serta memiliki aksi-aksi kemanusiaan yang diselenggarakan oleh PMI," ujarnya.

Selain kegiatan mitigasi dan penanggulangan bencana alam, tugas utama yang lain berupa ketersediaan darah oleh Unit Donor Darah PMI. Ketersediaan darah harian untuk mencukupi kebutuhan pasien tentunya butuh sinergi berbagai pihak terutama dengan meningkatkan jumlah Donor Darah Sukarela (DDS) agar pelayanan dapat berjalan secara optimal.

Tak hanya itu, Pj bupati juga meminta panitia bulan dana ini segera melakukan koordinasi dan mengambil langkah-langkah yang perlu untuk menyukseskan bulan dana ini.

"Kami berharap sumbangan bulan dana tersebut dapat melampaui target yang telah ditetapkan dan melampaui penyetoran pada tahun yang lalu, sehingga memberikan manfaat untuk kemaslahatan dan kegiatan sosial kemanusiaan di Banjarnegara," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut