get app
inews
Aa Read Next : Cegah Terjadi Laka di Bukit Barisan Dieng, Satlantas Banjarnegara Pasang Rambu Peringatan

94 Pelanggar Lalu lintas Terjaring Kamera Etle

Rabu, 06 September 2023 | 15:56 WIB
header img
Satlantas Polres Banjarnegara saat melakukan sosialisasi terhadap pengguna jalan terkait keselamatan berlalu lintas.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Gelaran Operasi Zebra Candi tahun 2023 baru berjalan dua hari, namun dari kegiatan ini terdapat 94 pelanggar lalu lintas di Banjarnegara yang terjaring kamera dan mendapatkan tilang secara elektronik atau etle.

Para pengendara ini kedapatan melanggar lallu lintas dan terekam oleh kamera elektronik yang terpasang di sejumlah titik di Kabupaten Banjarnegara. Para pelanggar ini kemudian dilakukan sanksi tilang secara elektronik atau etle.

Berdasarkan data yang ada di Satlantas Polres Banjarnegara, ada 94 pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera, mereka melakukan pelanggaran mulai dari melawan arus, tidak menggunakan helm, serta pelanggaran lainnya.

Selain melakukan tindakan tilang secara elektronik, Satlantas Polres Banjarnegara juga melakukan teguran terhadap 80 pelanggar lalu lintas saat jajaran Satlantas melakukan sosialisasi tentang tertib lalu lintas.

Kapolres Banjarnegara AKBP Era Jhony Kurniawan melalui Kasatlantas AKP R Manggala Agung mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 ini, sistem penindakan terhadap para pengendara yang melanggar lalu lintas ini dengan sistem tilang elektronik.

"Total pelanggar yang dikenakan tilang elektronik ada 94 orang, jumlah tersebut terdiri dari 60 pelanggar yang terekam pada hari pertama, dan 34 pelanggar pada hari kedua. Sementara pelanggar yang mendapatkan teguran ada 80 pelanggar," ujarnya.

Menurutnya, dalam Operasi Zebra Candi 2023 ini memang tidak dilakukan tilang manual, dimana hal ini sebagai bagian dan upaya petugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas.

Sedangkan upaya teguran terhadap para pelanggar ini merupakan upaya preemtif yang dilakukan dalma Operasi Zebra Candi 2023 yang diselenggarakan mulai 4 hingga 17 September 2023 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarkaat dalam menaati aturan lalu lintas.

Dikatakannya, selain melakukan tilang elektronik dan teguran, Satlantas Polres Banjarnegara juga melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait tertib lalu lintas, sosialisasi ini dilakukan pada beberapa titik keramaian di Banjarnegara.

"Sosialisasi juga kami gencarkan, bahkan giat sosialisasi ini dilakukan dengan menyasar semua kalangan, harapannya masyarakat semakin sadar tentang pentingnya tertib berlalu lintas, sehingga ada peningkatan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut