get app
inews
Aa Read Next : Lakukan Gaktibplin Untuk Minimalisir Pelanggaran Anggota

Sosialisasikan Etle Drone di Banjarnegara, Ini Target Ditlantas Polda Jateng

Jum'at, 15 September 2023 | 13:13 WIB
header img
Dirlantas POlda Jateng saat melakukan sosialissi tilang elektronik dengan menggunakan drone di Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas terus dilakukan, termasuk dengan menggelar Operasi Zebra Candi yang berlangsung hingga 17 September mendatang, untuk itu Dirlantas Polda Jateng melakukan sosialisasi etle dengan menggunakan pesawat drone di Banjarnegara.

Penggunaan dan sosialisasi drone dalam tilang elektronik di Banjarnegara ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam patuh berlalu lintas. Drone ini dapat menjangkau beberapa titik arus lalu lintas dan memantau pelanggaran yang terjadi.

Kepala Seksi Pelanggaran Subditgakum Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono mengatakan, etle drone merupakan satu upaya Polri dalam penegakakan hukum bagi pelanggar lalu lintas.

"Dengan sistem tilang elektronik ini, kami berharap kesadaran masyarakat dalma tertib berlalu lintas meningkat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman saat berkendara di jalan umum," ujarnya.

Menurutnya, selain penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas, keberadaan drone juga bisa dimanfaatkan sebagai pantauan arus lalu linas, khususnya pada titik tertentu seperti trobel spot dan black spot, termasuk saat menemukan pelanggaran dapat dilakukan penindakan.

"Kelebihan etle drone ini dapat digunakan jangkauanya 1 kilometer, sehingga pengendara yang jauh dapat kami pantau, bisa pindah-pindah dibanyak tempat dan bisa digunakan malam hari," katanya. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Banjarnegara AKP R. Manggala Agung berharap, adanya penindakan melalui sistem etle drone ini, pengguna jalan terus lebih tertib dalam berlalu lintas.

"Kami mengimbau masyarakat Banjarnegara untuk mentaati tata cara dan ketentuan berkendara di jalan raya atau tertib berlalu lintas, sehingga akan meminimalisir kecelakaan lalu lintas," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut