get app
inews
Aa Read Next : KPU Banjarnegara Tetapkan Caleg DPRD Kabupaten Terpilih, Ini Daftarnya

Polres Banjarnegara Gelar Rakor Operasi Mantap Brata Candi Jelang Pemilu 2024

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 18:30 WIB
header img
Dandim 0704 Banjarnegara saat memberikan sambutan dalam rakor Pengamanan Pemilu 2024.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai tindakan antisipasi dan menciptakan iklim yang aman, damai, dan kondusif di Kabupaten Banjarnegara, Polres Banjarnegara menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Mantap Brata jelang Pemilu serentak 2024.

Rapat koordinasi lintas sektoral bersama dengan jajaran Forkompimda Kabupaten Banjarnegara ini juga diikuti oleh para Kepala OPD, KPU, Bawaslu, para tokoh agama, parati politik, para Kapolsek, Danramil dan jajaran Kodim 0704 Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan, rakor lintas sektoral ini dilakukan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari berbagai unsur penyelenggara dan pengamanan Pemilu guna mewujudkan Pemilu yang aman di wilayah hukum Polres Banjarnegara.

"Rakor ini sangat penting untuk mewujudkan sinergitas semua unsur pelaksana dan pengamanan dalam menghadapi Pemilu serentak 2023," ujarnya.

Operasi Mantap Brata Candi jelang Pemilu 2024 memiliki beberapa sasaran untuk pengamanan, termasuk penyelenggara Pemilu mulai dari Kantor KPU, Kantor Parpol, Kantor PPK, PPS, KPPS, Lokasi TPS, Mako dan Asrama Polri dan tempat untuk perhitungan suara.

"Tidak hanya tempat Penyelenggara, tetapi juga personal, mulai dari KPU, Bawaslu, PPK, PPS, & KPPS ,Pantarlih, Jurkam, Calon anggota DPR, DPD, DPRD, Capres dan Cawapres beserta keluarga," katanya.

Menurutnya, untuk pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Polres Banjarnegara akan menerjunkan sekitar 403 personel untuk mengamankan jalannya Pemilu serentak 2024, mulai tahapan hingga selesai.

Dikatakannya, selain personel dari Polres Banjarnegara, pengamanan Pemilu juga dibantu dari jajaran TNI Kodim 0704 Banjarnegara, serta stakholder terkait baik Satpol PP maupun linmas untuk bersama-sama melakukan berbagai antisipasi dan tindakan pencegahan kerawanan setiap tahan Pemilu.

Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini, rapat koordinasi lintas sektoral ini sangat penting dalam upaya mewujudkan sinergi antar unsur pelaksana dan pengamanan Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

"Saya berharap semua tahapan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kabupaten Banjarnegara dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap menjaga semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara selalu siap bersinergi dan berkolaborasi. Sebab dirinya menyadari pengamanan Pemilu tidak mungkin dilakukan sendiri, sehingga butuh sinergitas lintas sektoral demi menjaga iklim kondusif di Banjarnegara.

"Kami percaya, bahwa tantangan dan cobaan seberat apa pun akan terasa ringan, apabila kita teguh beriman dan bersatu padu, sehingga akan tercipta Pemilu damai menuju Indonesia emas," katanya.

Sementara itu, Dandim 0704 Banjarnegara Letkol. Inf. Dhanang Agus Setiawan mengatakan, dalam menghadapi Pemilu 2024 perlu adanya sinergi dan kerjasama untuk mewujudkan stabilitas keamanan.

"Kami siap bekerjasama menyukseskan Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2024 mendatang," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut