get app
inews
Aa Read Next : Kantor Pertanahan Banjarnegara Serahkan 76 Sertipikat Tanah Aset Pemkab

Nikmati Sensasi Wisata Air Bekas Tambang Batu di Banjarnegara

Rabu, 20 Desember 2023 | 19:22 WIB
header img
Wisatawan saat menikmati perahu bebek di danau Tampomas Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Hamparan bunga lotus dan tebing batu terlihat indah pada kolam bekas galian batu di Tampomas Banjarnegara, saat ini sisa mega proyek Bendungan Panglima Jenderal Soedirman PT Indonesia Power PGU Mrica Banjarnegara ini telah menjadi objek wisata air yang indah nan menawan.

Tak hanya dimanjakan dengan hamparan bunga lotus, objek wisata bekas galian batu ini juga telah dilengkapi dengan perahu bebek yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk mengelilingi danau Tampomas.

Tak hanya sampai disitu, keindagan bebatuan sekitar juga ikut memanjakan mata para wisatawan, belum lagi di sekitar lokasi terdapat sejumlah pepohonan yang dilengkapi dengan gazebo sebagai tempat untuk bersantai bagi para pengunjung.

Ikan-ikan kecil yang ada di tengah danai menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi wisatawan yang mengelilingi danau dengan menggunakan perahu bebek aatu perahu wisata yang disediakan oleh pengelola objek wisata tersebut.

Tampomas sendiri merupakan danau buatan sisa penambangan batu saat mega proyek bendungan PB Soedirman di bangun, saat ini tempat tersebut disulap oleh warga setempat sebagai objek wisata air yang menawan.

"Danau buatan siswa mega proyek ini merupakan satu destinasi wisata desa yang ada di Banjarnegara. Dan Tampomas ini diresmikan sebagai objek wisata sejak 2018 lalu," kata Rokhman, pengelola objek wisata Tampomas.

Menurutnya, pemandangan tebung bebatuan dengan ukuran besar serta air dalam danau batu ini menjadi daya tarik tersendiri, terlebih banyak tumbuh lotus liar dalam danau menjadikan pemandangan semakin indah.

"Tentunya ada sensasi tersendiri saat mengelilingi danau, selain melihat ikan berenang bebas, wisatawan juga bisa menyentuh langsung bunga lotus yang tumbuh dan berbunga sepanjang tahun," ujarnya.

Objek wisata yang ada di Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan atau hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Banjarnegara ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, selain harga tiket yang hanya Rp 5.000 per orang, pengelola dan resque objek wisata ini sudah terlatih dan memiliki sertifikat resmi, bahkan untuk anak-anak usia TK tidak dikenai tiket masuk.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut