get app
inews
Aa Read Next : Keren, Sekolah Di SMK Kesehatan Bhakti Husada Klampok, Lulus Langsung Kuliah Atau Jadi Pengusaha

Poniyah Akhirnya Bisa Sembuh dari Tumor Setelah Operasi

Kamis, 04 Januari 2024 | 18:29 WIB
header img
Piniyah, penderita tumor ganas di Kabupaten Kebumen yang berhasil sembuh setelah dioperasi.

KEBUMEN,iNewsBanjarnegara.id-Poniyah (69) warga Kabupaten Kebumen ini dapat tersenyum dengan lega setelah penyakit tumor yang dideritanya berhasil dioperasi tim dokter rumah sakit. Tak hanya itu, dia juga merasa bersyukur karena bebas biaya operasi penyakitnya setelah dirinya tercatat sebagai anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Poniyah harus rutin menjalani pemeriksaan kesehatan, terlebih pada usai senja seperti dirinya tentu banyak penyakit yang menghampiri, bahkan dia harus rutin minum obat demi menjaga kesehatannya.

Menurutnya, dua tahun lalu dirinya divonis oleh tim dokter menderita tumor saat bagian tangan dan kakinya terdapat benjolan, bahkan dirinya tidak menyadari jika benjolan tersebut adalah tumor, dia hanya menganggap benjolan tersebut hal biasa dan tidak berbahaya bagi kesehatannya.

"Awalnya tidak sakit, tetapi selang beberawa waktu, ada raa nyeri pada benjolan yang ada di kaki dan tangannya. Karena merasa tidak tahan dengan rasa sakitnya, dia kemudian memeriksakan benjolan tersebut. Ternyata saya mendapatkan rujukan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, benjolan tersebut adalah tumor, bahkan dokter mneyatakan benjolan yang dialami Poniyah termasuk jenis tumor ganas dan harus dilakukan tindakan operasi. Beruntung dirinya menjadi anggota JKN, sehingga biaya operasi ditanggung oleh JKN.

"Jujur saat dokter menyatakan harus operasi, ada rasa takut, selain biaya yang cukup tinggi untuk dilakukan tindakan operasi, juga hal lainnya, namun dirinya hanya bisa pasrah dan berdoa untuk kelancaran operasi yang akan saya jalani saat itu," ujarnya.

Benar saja, biaya operasi yang dijalaninya sangat tinggi, bahkan tagihan dari tindakan operasi dan lainnya mencapai puluhan juta rupiah, beruntung semua biaya tindakan tersebut ditanggung oleh JKN, sehingga dirinya tidak menanggung biaya sepeserpun dari tindakan operasi tersebut.

"Alhamdulillah saya terdaftar JKN yang didaftarkan oleh pemerintah, sehingga saya tidak kesulitan terkait biaya operasi tumor saya kala itu, saya sangat berterimakasih dengan program JKN ini," katanya.

Poniyah juga mengungkapkan bahwa program JKN juga telah banyak membantu para warga sekitar tempat ia tinggal banyak yang terkena kanker, diabetes, jantung, dan lainnya, mereka bisa berobat dengan menggunakan program JKN. Menurutnya, program JKN dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak. 

"Mulai dari berobat di dokter keluarga sampai harus dirujuk ke Rumah Sakit Permata Medika, alhamdulillah pelayanannya sangat memuaskan karena tidak ada biaya sepeserpun yang ia keluarkan selain untuk akomodas pribadi," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut