get app
inews
Aa Read Next : BPJS Kebumen Lakukan Rekonsiliasi untuk validasi Data Kepesertaan

Warga Kebumen Akui Pentingnya Ikuti Program JKN

Kamis, 25 Januari 2024 | 18:53 WIB
header img
Titi Maryati, peserta program JKN mandiri Kabupaten Kebumen

KEBUMEN,iNewsBanjarnegara.id-Kepemilikan Kartu BPJS Kesehatan menjadi sangat penting, hal ini diakui oleh Titi Maryati (43) warga Kabupaten Kebumen yang sudah merasakan manfaat dari kepesertaan dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Titi, dirinya sudah merasakan manfaat langsung setelah mengikuti program JKN sejak tiga tahun lalu, khususnya dalam mendapatkan pelayanan pada fasilitas kesehatan yang ada.

"Kepemilikan JKN ini sangat penting, bahkan keluarga kami sudah terdaftar sebagai peserta mandiri. Setiap berobat, kami juga menggunakan JKN, dalam mengakses layanan kesehatan, kami juga tidak pernah mengalami kendala," katanya.

Meski menggunakan JKN, Titi mengaku selalu mendapatkan pelayanan yang baik, pelayanan pada layanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa, tidak ada diskriminasi meski dirinya menggunakan JKN, baik di tingkat Puskesmas maupun rumah sakit.

"Selama kami menggunakan JKN, pelayanan baik-baik saja, secara umum, pelayanan cukup memuaskan," ujarnya.

Tak hanya itu, selama menggunakan layanan kesehatan melalui program JKN, dia juga sangat terbantu. Manfaat sebagai peserta JKN juga dialami oleh ibunya yang sempat harus menjalani operasi katarak beberapa waktu lalu, beruntung ibu dari Tati ini juga terdaftar sebagia JKN mandiri, sehingga seluruh biaya operasi ditanggung oleh JKN.

"Saat ibu saya menjalani operasi, semua biaya ditanggung oleh JKN, mulai dari obat, hingga pelaksanaan operasi hingga kontrol setelah operasi," ujarnya.

Melihat dari pengalaman ini, dia mengaku bahwa kepesertaan masyarakat dalam progran JKN ini sangat penting, terlebih dengan kondisi saat ini. "Bagi kami menjadi peserta JKN ini sangat penting, sebab biaya untuk berobat dan layanan kesehatan saat ini cukup mahal, sehingga JKN ini sangat membantu," ujarnya.

"Kami merasa tenang setelah terdaftar sebagai peserta JKN, karena tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu sakit dan perlu berobat ke fasilitas kesehatan," katanya.

Tak hanya itu, jika sudah terdaftar, dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa dengan kewajibanya, sehingga hak dan kewajiban bisa berjalan beriringan.

"Iuran juga harus tepat waktu, sebab kami yakin dalam program JKN ini ada nilai gotong royong. Jika suatu saat kita membantu orang lain, maka suatu saat nanti pula kita akan dibantu jika mengalami kesulitan," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut