get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kampung Gagot, Siswa SDN 4 Pucungbedug Belajar Mengolah Singkong

Kampung Gagot Kembali Lakukan Pelatihan Petani Muda Kreatif dan Perawatan Traktor

Sabtu, 27 Januari 2024 | 17:57 WIB
header img
Para peserta saat melakukan praktik perawatan mesin traktor di Kampung Gagot Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Alat pertanian menjadi satu kesatuan dalam dunia pertanian modern, sehingga menjadi sangat penting bagi petani muda untuk memahami alat atau mesin pertanian, mulai dari penggunaan hingga perawatan.

Untuk itu, sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan minat petani muda kreatif, Kampung Gagot yang ada di Desa Kutawuluh, Kecamatan Purwanegara Banjarnegara kembali melakukan pelatihan pertanian mandiri bagi petani muda kretaif, tak hanya itu mereka juga dibekali dengan pengetahuan tentang perawatan alat pertanian jenis traktor.

CEO Kampung Gagot Banjarnegara Amrullah mengatakan, mesin pertanian menjadi satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam pertanian modern, terlebih para petani muda yang kreatif, terutama dalam perawatan mesin pertanian.

"Untuk kali ini, selain belajar pertanian modern, kami juga mengajak para petani muda untuk memahami perawatan mesin pertanian, khususnya traktor. Nantinya, petani ini tidak hanya menggunakan tetapi juga perawatan," kata Kang Arul, sapaan akrab Amrullah.

Tak hanya itu, kemampuan dalam merawat dan kemampuan menjadi operator traktor juga menjadi satu peluang usaha bagi petani modern. "Dengan memiliki kemampuan perawatan mandiri, maka traktor akan lebih produktif dan lebih awet," ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, Kampung Gagot menjalin kerjasama dengan mahasiswa teknik Pertanian Unsoed Purwokerto dan juga perusahaan mesin pertanian, serta Yayasan Kanca Tani Indonesia.

Menurutnya, dalam pelatihan ini, sedikitnya diikuti oleh 50 calon petani muda dari berbagai daerah, mulai dari Banjarnegara, Wonsobo, Purbalingga, dan Banyumas. "Belajar dan menjadi petani ini sangat penting, sebab selama kita tinggal di bumi, ya belajar bertani," ujar Kang Arul.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut