get app
inews
Aa Read Next : HBP ke 60 2024, Ini Pesan Karutan Banjarnegara

Jelang Pemilu, Rutan Banjarnegara Lakukan Simulasi Pemilihan

Selasa, 06 Februari 2024 | 17:42 WIB
header img
Petugas Rutan Banjarnegara saat melakukan simulasi pemungutan suara di TPS khusus rutan Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 14 Februari mendatang, Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara melakukan simulasi pemilihan dan penghitungan suara oleh KPPS setempat.

Simulasi ini dilakukan untuk memastikan proses pemilihan suara pada Pemilu serentak 2024 di Rutan Banjarnegara berjalan dengan aman, damai, tertib, dan demokratis, sebab para warga binaan yang ada di Rutan Banjarnegara juga memiliki hak suara sesuai dengan ketentuan Undang-undang.

Kepala Rutan Banjarnegara Bima Ganesha Widyadarma mengatakan, pada Pemilu 14 Februari mendatang, Rutan Banjarnegara termasuk TPS 901 dan masuk TPS khusus, untuk itu seluruh jajaran petugas yang nantinya memiliki tanggungjawab sebagai panitia pemungutan suara harus benar-benar mengetahui tatacara pemilihan, mulai dari alur, proses pemilihan, hingga perhitungan suara. 

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan KPU, termasuk menyerahkan berkas yang dibutuhkan, hal ini kami lakukan agar para warga binaan di Rutan Banjarnegara ini dapat menyalurkan hak suaranya sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku," ujarnya.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Muhammad Azan Subehi mengatkan, terkait kesiapan pelaksanaan sudah dilakukan, termasukDaftar Pemilih Tetap (DPT) bagi warga binaan yang telah memiliki syarat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu mendatang.

"Simulasi ini sangat penting sebagai bagian dari metode serta arahan para petugas, termasuk tetap menjaga netralitas para petugas yang menjalankan tugasnya sebagai panitia pemungutan suara. Simulasi ini dilakukan agar seluruh prosesi pelaksanaan nantinya berjalan dengan aman, damai, dan demokratis," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut