get app
inews
Aa Read Next : BPJS Kebumen Lakukan Rekonsiliasi untuk validasi Data Kepesertaan

Ini Alasan BPJS Kesehatan Buka Layanan di Banjarnegara Expo 2024

Selasa, 27 Februari 2024 | 14:46 WIB
header img
BPJS Kesehatan saat memberikan pelayanan masyarakat di Banjarnegara Expo 2024

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi mendekatkan dan memudahkan layanan masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan membuka layanan adminsitrasi di Banjarnegara Expo yang digelar kompleks Alun-alun Banjarnegara.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro mengatakan, partisipasi BPJS Kesehatan pada kegiatan Banjarnegara Expo Tahun 2024 ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat yang hendak mengakses layanan administrasi kepesertaan. Dalam stand tersebut, ada beberapa layanan administrasi yang dapat diakses oleh peserta, antara lain pendaftaran peserta, perubahan data, pemberian informasi, registrasi Aplikasi Mobile JKN, penanganan pengaduan dan pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab).

"Untuk masyarakat Kabupaten Banjarnegara khususnya, yang sedang berkunjung di Banjarnegara Expo dapat memanfaatkan layanan kami, baik untuk pelayanan perubahan data ataupun sekadar mendapatkan informasi," katanya.

Dany juga menyebut selain layanan tatap muka, BPJS Kesehatan juga memiliki kanal layanan non tatap muka yang dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah. Layanan administrasi kepesertaan seperti permintaan informasi dan pengaduan pada Program JKN tidak hanya dapat diakses di kantor BPJS Kesehatan, tetapi juga melalui kanal-kanal lainnya. Kanal tersebut diantaranya Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165 maupun website BPJS Kesehatan.

"Bagi masyarakat yang memang belum sempat hadir di Banjarnegara Expo juga bisa  memanfaatkan layanan non tatap muka melalui kanal ini, masyarakat dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Masyarakat dapat mengakses layanan non tatap muka kapanpun dan dimanapun, bisa dari rumah juga tanpa perlu ke kantor," ujarnya.

Pada saat yang berbeda, salah satu peserta JKN yang mengakses layanan JKN di Banjarnegara Expo, Surahman (42) mengaku merasa sangat terbantu. Hadirnya BPJS Kesehatan di gelaran Banjarnegara Expo lebih memudahkan dirinya dalam mendapatkan layanan informasi. Rahman yang saat ini bekerja pada salah satu perusahaan di Kabupaten Banjarnegara ini, mengaku belum sempat ke Kantor BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi secara lengkap seputar perubahan data peserta.

"Alhamdulillah ini pas jalan-jalan sama keluarga saya, mampir ke stand BPJS Kesehatan ini. Memang sudah lama mau ke kantor BPJS Kesehatan tapi belum sempat karena kesibukan. Persyaratan untuk mendapatakan pelayanannya juga sangat mudah, cuma menunjukan NIK di KTP," katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkap telah melakukan perubahan data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui Aplikasi Mobile JKN dibantu oleh petugas BPJS Kesehatan. Berdasarkan informasi yang telah ia peroleh, proses perubahan data sangat mudah, dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN. Perubahan data FKTP dapat dilakukan setelah tiga bulan sejak perubahan terakhir. Untuk kedepannya ia akan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk keperluan perubahan data ataupun layanan lainnya.

"Ternyata benar, penggunaan aplikasi Mobile JKN ini sangat mudah. Aplikasi ini juga mempunyai fitur-fitur yang sangat membantu, bukan hanya untuk perubahan data saja. Untuk pengambilan nomor antrean di rumah sakit juga bisa. Jadi sekarang tidak perlu menunggu lama lagi kalau mau berobat di ruma sakit," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut