get app
inews
Aa Read Next : Korda 4 Gelar Popda Lebih Awal, Ini Alasannya

Dongkrak Destinasi Wisata, Bupati Wonosobo Dorong Event Triathlon-Duathlon

Sabtu, 22 Juni 2024 | 16:38 WIB
header img
Peserta Specta Triathlon dan Duathlon 2024 Wonosobo saat berlaga.

WONOSOBO,iNewsBanjarnegara.id-Sedikitnya 75 atlet triathlon dari luar dan dalam negeri mengikuti kejuaraan yang tertajuk "Specta Sindoro-Sumbing Triathlon dan Duathlon 2024'. Kegiatan tersebut dilakukan di komplek wisata Bedakah Desa Tlogomulyo Kertek Wonosobo, Sabtu (22/6/2024). Selain itu, 150 atlet juga akan turun dalam ajang duathlon yang berlangsung di lapangan Desa Pagerejo Kertek Wonosobo, Minggu (23/6/2024) besok.

Triathlon merupakan perpaduan tiga jenis olahraga, yakni renang, bersepeda, dan lari sekaligus secara berurutan. Adapun duathlon yakni bersepeda dan lari secara bergantian. Dua event yang mengkombinasikan antara olahraga dan rekreasi itu, sangat membutuhkan stamina yang cukup prima dari para atlet.

Dalam olahraga triathlon, para peserta harus melakukan renang tiga putaran, kemudian atlet triathlon langsung naik sepeda di jalur menanjak dan dilanjutkan berlari di jalan beraspal (road run), tanpa henti dan harus dalam satu rangkaian. Peserta star dan finish di komplek wisata Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo Kertek Wonosobo.

Pada nomor Triathlon ini, 75 peserta mulai melakukan lomba sejak pukul 07.00 WIB, lomba dimulai dengan berenang tiga putaran sepanjang 300 meter di Telaga Bedakah. Selanjutnya peserta mengayuh sepeda di track jalan menanjak, datar dan turun sejauh 20 kilometer dan diteruskan berlari marathon sepanjang 5 kilometer hingga ke garis finish.


Peserta saat akan memulai renang
 

Dalam kejuaraan ini, panitia membagi empat kategori lomba, yakni peserta di bawah 20 tahun putra, peserta berusia di atas 40 tahun, peserta umum, serta peserta dari kalangan TNI/Polri. 

Cuaca dan tack yang cukup ekstrem menjadikan tantangan tersendiri bagi para atlet, sebab dengan cuaca dingin, peserta tidak cukup hanya mengandalkan fisik semata, namun butuh strategi khusus agar stamina tetap terjaga hingga garus finish.

Kabid Keolahragaan Disdikporapar Jateng Juki Baskorowati mengatakan, dari 75 peserta triathlon, terdapat 8 atlet luar negeri, mereka berasal dari Aljazair, Australia dan Brazil. Sedang sisanya atlet dalam negeri dari 12 Provinsi di Indonesia.

"Gelaran event triathlon kali ini sangat menarik dan unik. Karena biasanya olahraga triathlon diselenggarakan  di wilayah lautan dengan udara panas. Tapi saat ini event triathlon digelar di wilayah pegunungan dengan medan turun- naik dan dengan cuaca yang cukup dingin. Ini tentu yang sangat menantang bagi para atlet triathlon," ujarnya.

Melihat tingginya animo peserta dalam ajang ini, dia berharap event olahraga triathlon dan duathlon yang diikuti atlet dari luar negeri mampu menggaet turis asing untuk datang ke Indonesia, termasuk ke Wonosobo, untuk berolahraga sekaligus menikmati destinasi wisata alam yang ada. Mereka bisa menjadi duta wisata Indonesia di negaranya masing-masing.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengaku sangat mengapresiasi Disdikporapar Jateng yang menggelar "Specta Sindoro-Sumbing Triathlon Duathlon Challenge 2024" di sekitar Telaga Bedakah Desa Tlogomulyo dan area wisata jalan baru Blembem Desa Pagerejo Kertek Wonosobo.

"Ajang olahraga dan rekreasi triathlon dan duathlon terhitung sudah 5 kali di gelar di Wonosobo. Ini tentu sangat istimewa dan menarik sekali. Sebab telah memberi dampak ekonomi dan wisata bagi  masyarakat sekitanya. Telaga Bedakah dan area wisata jalan baru Blembem kini tentu semakin terkenal di mana-mana," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut