get app
inews
Aa Read Next : Keren, Sekolah di SMK Kesehatan Bhakti Husada Klampok, Lulus Langsung Kuliah atau Jadi Pengusaha

Puskesmas Banjarnegara 1 Datangi Instansi

Selasa, 13 Desember 2022 | 16:44 WIB
header img
Sejumlah petugas saat melakukan pemeriksaan pada pejabat di lingkungan Pemkab Banjarnegara. Foto Syarif TM/iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus dilakukan oleh Puskesmas 1 Banjarnegara, termasuk dengan melakukan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) pada instansi yang ada di Banjarnegara sebagian upaya untuk skrining Penyakit Tidak Menular (PTM).


Kegiatan Posbindu PTM dilakukan dengan menyasar perkantoran yang ada di Banjarnegara, dalam kegiatan tersebut petugas melakukan pemeriksaan yang meliputi penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan gratis tekanan darah, gula darah dan kolesterol.
Kepala Puskesmas Banjarnegara 1, Khusnul Khotimah mengatakan, Posbindu PTM merupakan kegiatan pengendalian faktor risiko PTM dengan sasaran masyarakat sehat dan berisiko mulai umur 15 tahun ke atas. 

Adapun Posbindu institusi merupakan kegiatan posbindu yang dilaksanakan di instansi sebagai upaya fasilitasi dan mendekatkan akses pelayanan untuk karyawan atau ASN.

“Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan mendeteksi faktor risiko PTM, melakukan upaya intervensi faktor resiko penyakit tidak menular, melakukan rujukan bagi yang beresiko tinggi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hal ini penting dalam mendukung produktivitas pegawai,” katanya.

Kegiatan Posbindu akan dilakukan secara kontinyu dengan menyambangi instansi-insatansi yang ada di Banjarnegara, guna mendeteksi dini faktor risiko, monitoring, konseling dan rujukan, agar pegawai atau ASN terlayani dengan baik.

“Rata-rata pegawai kan sibuk, kadang pekerjaannya tidak bisa ditinggalkan. Maka Posbindu memberikan solusi dengan mendekatkan pelayanan jemput bola ke kantor. Di sini kami juga melakukan wawancara untuk menggali informasi penyakit bawaan, pengukuran tekanan darah dan gula darah,” katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut