get app
inews
Aa Read Next : Viral, Ketua KONI Banjarnegara Dicalonkan sebagai Wakil Bupati Banjarnegara

Bareng Komunitas Trail, PMI dan Puskesmas Gelar Pengobatan Gratis

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:38 WIB
header img
PMI Banjarnegara bersama dengan Puskesmas 2 Mandiraja dan kumintas trail saat melakukan bakti sosial pengobatan gratis di Desa Kaliwungi Mandiraja. Foto. dok. PMI Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Pengabdian masyarakat dalam misi sosial kemanusiaan bisa dilakukan dimana saja, seperti yang dilakukan PMI Banjarnegara dan Puskesmas 2 Mandiraja yang melakukan pegobatan gratis bagi warga Desa Kaliwungi, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara.

Dalam misi sosial kemanusiaan ini, PMI Banjarnegara bersama dengan Puskesmas melakukan kerjasama bersama komunitas trail Banjarnegara yang ada di wilayah tersebut. Aksi ini dilakukan untuk membantu sesma dalam pelayanan kesehatan secara gratis.

Ketua PMI Banjarnegara dr Amalia Desiana melalui Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ahmad Setiawan mengatakan, pelayanan kesehatan gratis bagi warga di wilayah Puskesmas 2 Mandiraja bersama dengan komunitas trail ini merupakan satu komitmen dari PMI Banjarnegara dalam melayani masyarakat.

"Ini bagian dari komitmen PMI dalam upaya hadir dan melayani masyarakat sepenuh hati. PMI juga bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk Puskesmas dan komunitas lain, khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan," katanya.

Menurutnya, dari kerjasama dan sinergitas ini ada sekitar 61 warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, mulai dari pemeriksaan secara umum hingga pengobatan. Dia juga berharap jalinan kerjasama yang baik ini dapat terus dilakukan sebagai bagian dari peran serta PMI dan masyarakat dalam membantu pemerintah dibidang pelayanan kesehatan masyarakat. 

"Semoga aksi ini bisa memberikan manfaat bagi masyaraka, apalagi akses kesehatan yang mudah merupakan hak dasar bagi setiap warga negara.

Sementara itu dokter Puskesmas 2 Mandiraja, dr Ivanda mengatakan, dari hasil pemeriksaan umum, sebagian besar masyarakat yang memerksakan kesehatanya adalah kelompok lanjut usia, dimana mereka banyak yang mengeluhkan tentang gangguan kesehatan ringan.

"Kebanyakan mengeluh yang identik dengan gejala flu, batuk, pilek, pusing, asam lambung, sakit kepala, gatal dan pegal pegal," ujarnya.

Dikatakannya, beberapa warga yang datang dan memeriksakan kesehatanya adalah pasien dari Puskesmas yang sudah rutin melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi obat dari Puskesmas terdekat.

"Banyak yang memeriksakan kesehatan karena obat yang dari Puskesmas habis, jadi sekalian periksa dan mengecek kondisi kesehatannya," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau pada masyarakat untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada fasilitas kesehatan terdekat, sehingga saat mengalami gejala penyakit bisa terdeteksi lebih awal.

"Selain pemeriksaan kesehatan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat juga dilakukan untuk menggugah masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut