get app
inews
Aa Read Next : Road To Anniversary, Fox Harris Hotel Banjarnegara Gelar Donor Darah

PMI Banjarnegara Terus Bergerak dan Terus Eksis di Tengah Masyarakat

Minggu, 10 Maret 2024 | 14:07 WIB
header img
PMI Kabupaten Banjarnegara saat menggelar rapat koordinasi

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten terus melakukan pergerakan dalam pengabdian masyarakat, bahkan eksistensi dan keberadaan PMI dapat dibuktikan dengan tingginya permintaan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua PMI Banjarnegara dr. Amalia Desiana melalui wakil ketua Noor Tamami saat membuka Musyawarah Kerja PMI Banjarnegara tahun 2024 pada Sabtu 9 Maret 2024 di RM Sari Rahayu 4.

"Kondisi tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan sekaligus menjadi indikasi dari tercapainya Visi dan Misi PMI," katanya.

Menurutnya, peningkatan eksistensi yang luar biasa tersebut PMI Kabupaten Banjarnegara harus terus memantaskan diri dengan meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanannya dalam berbagai bidang.

"Harus diakui bahwa modal terbesar yang pasti harus tersedia adalah adanya sumber daya manusia yang memadai secara kuantitas dan kualitas," ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan, sumber daya manusia terbesar yang ada pada Gerakan PMI ini adalah relawan yang keberadaannya amat sangat dinamis dan  tidak cukup dibuktikan dengan data keanggotaan, namun lebih dari itu adalah peran atau keterlibatannya dalam berbagai misi sosial kemanusiaan.

"Apabila dilihat dari Rencana Kerja yang kita susun, selalu memberikan porsi yang cukup banyak kepada peningkatan kapasitas sdm, dalam berbagai bentuk pendidikan dan pelatihan," katanya.

Tak hanya itu, Noor Tamami juga menjelaskan peningkatan kualitas relawan yang professional sebagai ciri dan pembeda dari relawan pada umumnya terus digencarkan salah satunya dengan mengoptimalkan peran relawan desa atau SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat).

"Meningkatkan kapasitas teknis bagi relawan khususnya pada bidang-bidang yang paling sering dibutuhkan dalam berbagai pelayanan seperti  manajemen logistik, asessment, Pertolongan Pertama, dan kemampuan teknis lainnya," katanya.

Disamping itu, peran serta pengurus PMI Kecamatan juga tahun ini akan terus digenjot dan dioptimalkan sehingga mampu berbicara dan memberikan sentuhan langsung kepada masyarakat.

"Pada bidang Kesehatan Transfusi Darah, dengan misi menyediakan darah yang aman bagi yang membutuhkan, Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banjarnegara tengah gencar mempersiapkan akreditasi, yang insyaa Allah akan dilaksanakan ditahun 2024 ini," katanya.

Pihaknya menjelaskan, saat ini UDD PMI Banjarnegara telah mampu memproduksi rata-rata 1500 kantong darah dalam satu bulan untuk memenuhi permintaan 9 rumah sakit.

"Sinergi yang baik dengan masyarakat, kelompok donor darah dari berbagai lapisan dan element masyarakat terus kita jaga dan tingkatkan dengan terus membuka kantong-kantong kelompok baru," ujarnya.

Noor Tamami menjelaskan, dengan kerja keras dan kerja ikhlas serta niatan yang tulus, bersinergi dengan berbagai pihak, peran PMI dalam membantu pemerintah menjalankan mandat Undang-undang nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan akan dapat terlaksana dengan baik.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut