get app
inews
Aa Read Next : DPC SI Banjarnegara Fasilitasi Pelatihan Dan Permodalan Bagi UMKM Banjarnegara

Jalan Sehat Kebangsaan, Ribuan Warga NU Banjarnegara Padati Alun-alun

Sabtu, 28 Januari 2023 | 17:05 WIB
header img
Kapolres Banjarnegara bersama dengan jajaran Muspida dan anggota DPR RI Fraksi PKB saat mengikuti jalan sehat kebangsaan 1 abad NU di Alun-alun Banjarnegara, Sabtu (28/1/2023). Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Jelang perayaan 100 tahun Nahdlotul Ulama (NU) tahun 2023, raibuan warga Nahdliyin Banjarnegara memadati Alun-alun Banjarnegara. Mereka serentak mengikuti jalan sehat kebangsaan yang digelar PC NU Banjarnegara, Sabtu (28/1/2023).

Ribuan warga NU ini datang dari berbagai penjuru Banjarnegara, dengan atribut khas NU, mereka menyambut riang jalan sehat kebangsaan menyambut 1 abad NU di Alun-alun Banjarnegara. Dengan seksama, mereka mengikuti jalan sehat dengan mengambil rute Alun-Banjarnegara menuju Jalan Pemuda, Jalan Soedirman, Jalan Soeprapto,  Jalan Al Munawaroh, jalan Selamanik, memutar ke Jalan Pemuda dan kembali ke Alun-alun Banjarnegara.

Ketua PC NU Kabupaten Banjarnegara Zahid Khasani mengatakan, jalan sehat ini selain untuk meningkatkan ukhwah sesama, juga mengajak warga NU bersyukur atas usia organisasi ini yang sudah memasuki usia 100 tahun, kegaiatan ini juga sekaligus mengajak masyarakat Banjarnegara khususnya warga NU untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Disini kita bersama-sama dengan Muhammadiyah, SI, FKUB, serta yang lainnya untuk bersama-sama berolahraga, sebelumnya kita juga sudah menggelar acara Banjarnegara bersholawat, sehingga rohani dan jasmani kita menjadi sehat," katanya.


Jajaran Muspida bersama dengan warga NU saat mengikuti jalan Sehat Kebangsaan 1 Abad NU di Banjarnegara, Sabtu (28/1/2023). Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara.
 

Menurutnya, Muhammadiyah dan SI merupakan kakak dari NU, semua kita tetap bersaudara dan menjaga keutuhan NKRI, sebagai bentuk mencintai bangsa dan negara. 

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi PKB Taufik R Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Muhammadiyah dan Syarkat Islam (SI) merupakan kakak kandung NU, yang mana pada dasarnya organisasi ini memiliki kesamaan, seperti salat wajibnya tetap 5 waktu, nabinya sama, dan kitabnya juga sama-sama Alquran.

"Ini merupakan momen yang bahagia, kita semua sebentar lagi akan menyambut usia NU yang mencapai 100 tahun pada Februari mendatang. Hari ini, kita melaksanakan jalan sehat dengan tujuan menyehatkan badan kita, agar kita memiliki tubuh yang sehat, saya berharap pertemuan kita disini dapat menggambarkan kebesaran NU dan kekompakan masyarakat Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, momentum ini diharapkan bisa terus menjaga kekompakan ormas yang ada di Banjarnegara, hari ini yang hadir tidak hanya dari warga NU, tetapi juga pimpinan Muhammadiyah dan SI Banjarnegara juga ikut memeriahkan 100 tahun NU.

"Alhamdulillah ini merupakan momentum kita untuk meningkatkan kekompakan dan keakrabatan antar agama, yang mana ini tidak lepas dari peran NU," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut