get app
inews
Aa Read Next : Ditjen AHU Buka Layanan Perseroan Perorangan di Purworejo Expo 2024, UMKM Wajib Tahu

Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM Harus Melek Digital

Rabu, 22 Februari 2023 | 17:52 WIB
header img
Penyampaian materi dalam Workhsop UMKM Melek Finansial di era Digital. Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Perkembangan tekhnologi dan persaingan usaha semaki ketat, perubahan prilaku konsumen juga mulai bergeser pada dunia digital. Untuk itu, para pelaku UMKM harus melek digital dan mampu mengadopsi tekhnologi untuk bisa berkembang.

Perubahan perilaku konsumen ini harus segera ditangkap oleh para pelaku usaha, khususnya UMKM, maka pelaku usaha ini harus mampu dan melek teknhologi. Bersama dengan itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bersama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Banjarnegara menggelar Workshop UMKM Melek Finansial di Era Digital, di Sasana Bhakti Praja Banjarnegara, Rabu (22/2/2023).

Worshop tersebut dilakukan agar para pelaku UMUM di Banjarnegara tidak mengabaikan tekhnologi dalam mengembangkan usaha, sehingga usaha yang dijalani bisa terus melaju dan berkembang, termasuk dengan melebarkan pemasaran dengan memanfaatkan tekhnologi.

Ketua KADIN Banjarnegara Akhmad Fajar Mukhtarom mengatakan, pada era digital seperti saat ini, UMKM harus mampu menguasai literasi finansial dan meningkatkan penjualan produk secara offline maupun online. Jika ini tidak dilakukan, maka UMKM akan sulit bersaing seiring.

"Sejak Pandemi Covid 19, para pelaku UMKM harus lebih kreatif, memanfaatkan tekhnologi membuat para pelaku usaha bisa bertahan. Apalagi prilaku konsumen juga mulai bergeser pada digital, sehingga kita harus bisa memanfaatkan tekhnologi dalam memasarkan produk kita," katanya.

Dikatakannya, dalam memasarkan produk tidak hanya bergantung pada ruang virtual yang tersedia di marketplace. Ia pun menyarankan agar para pelaku usaha UMKM untuk memperkuat citra usahanya dengan menyiapkan situs resmi.

"Ini akan lebih memudahkan konsumen dalam memilik produk. Konsumen juga akan lebih dimudahkan dalam berselancar di dunia maya," ujarnya.

Jejak digital yang baik akan memudahkan calon konsumen dalam berselancar, sehingga hal ini akan memperkuat reputasi usaha yang sudah dibangun. Sebab saat ini konsumen sudah mulai berubah dengan memanfaatkan tekhnologi informasi digital.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut