get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hebat di Pagentan Hanguskan Gudang Sembako dan BBM

Yuk Mudik Asyik Tanpa Panik... Ini Tipsnya

Sabtu, 01 April 2023 | 15:24 WIB
header img
Ilustrasi mudik. Foto.iNews.id

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Musim libur lebaran tinggal menghitung hari, tradisi mudik sudah terjadi turun temurun, namun sering kali tradisi mudik ini menjadi satu permasalahan tersendiri bagi pemudik.

Nah untuk memastikan keamanan saat mudik, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk pulang kampung. Hal ini sangat penting sebagia tindakan pencegahan hal yang tidak diinginkan, apalagi kondisi rumah tentu akan kosong selama ditinggal mudik. Untuk itu, perlu Anda perhatikan beberapa tips agar mudik Anda Tetap Asyik Tanpa Panik.

Berikut delapan tips dan trik agar rumah Anda tetap aman saat ditinggal mudik lebaran.

1. Biarkan Lampu Teras Menyala
Meski kondisi rumah kosong, ada baiknya Anda tetap menyalakan lampu teras, hal ini dikandung maksud agar kondisi rumah Anda tetap terlihat terang saat ditinggal mudik.

2. Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Dalam Rumah
Satu hal yang tidak kala pentingnya adalah saat rumah ditinggal mudik, ada baiknya Anda tidak menyimpan atau meninggalkan barang-barang berharga dalam rumah yang ditinggal mudik, hal ini sebagai tindakan antisipasi akan terjadinya tidak kejahatan, Anda bisa menitipkan barang-barang berharga tersebut pada Bank atau orang yang Anda percaya.

3. Pastikan Jendela dan Pintu Terkunci
Sebelum Anda meninggalkan rumah untuk menikmati libur lebaran, pastikan semua pintu kamar, jendela, serta beberapa pintu ruangan terkunci. Jika diperlukan gunakan kunci ganda. Jika diperlukan pasang detector pada pintu dan jendela agar mudah mendeteksi siapapun yang ada di sekitar lokasi, sebab rumah kosong dapat menarik perhatian pencuri. Dan jika Anda berlangganan koran, hendaknya berhenti berlangganan untuk sementara agar tidak ada tumpukan koran di halaman rumah yang bisa memancing pencuri untuk beraksi karena pelaku tahu rumah dalam keadaan kosong.

4. Pasang Kamera Pengawas dan Lapor RT setempat
Memasang kamera pengawas bisa menjadi satu upaya dalam mengantisipasi tindak kejahatan, sebab kamera ini bisa terhubung langsung dengan ponsel Anda, namun alangkah lebih baiknya Anda berpamitan dan menitipkan kondisi rumah pada tetangga yang tidak mudik atau pejabat RT maupun RW setempat, termasuk petugas keamanan. Jangan lupa, tinggalkan nomor ponsel Anda pada mereka agar ketika terjadi sesuatu, mereka bisa menghubungi Anda.

5. Cabut Semua Peralatan Elektronik dan Tabung Gas
Kasus kebakaran rumah kosong sering terjadi karena adanya konsleting listrik, nah untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka pastikan semua peralatan elektronik dalam keadaan mati dan kabel tidak tersambung dengan stop kontak. Selain itu, pastikan regulator sudah terlepas dari tabung bas sebagai tindakan antisipasi terjadinya kasus kebakaran.

6. Pastikan Saldo Listrik Tercukupi dan Kosongkan Penampung Air
Pastikan kondisi token listrik Anda aman sampai dengan Anda kembali dari libur lebaran, hal ini sangat penting agar beberapa lampu rumah masih tetap menyala saat ditinggal mudik. Selain itu, pastikan semua kran dalam keadaan mati, termasuk mengosongkan bak atau penampungan air seperti bak mandi, ember atau wadah penampungan air yang terbuka, hal ini sebagai tindakan pencegahan akan berkembangnya nyamuk demam berdarah saat ditinggal mudik.

7. Membersihkan Rumah
Luangkan waktu sebentar untuk memastikan rumah Anda benar-benar bersih. Rumah yang bersih dapat meminimalisir adanya bau menyengat serta binatang.

8. Menitipkan Hewan Peliharaan
Jika Anda memiliki hewan peliharaan, lebih baik jika dititipkan ke pet shop. Hal ini guna agar menjamin kesehatan dan keselamatan hewan peliharaan Anda.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut