get app
inews
Aa Read Next : Jelang WBK, Rutan Banjarnegara Didatangi TPM Kemenkumham

BPJS Tetap Buka Layanan Meski Libur Lebaran, Simak Jadwalnya

Kamis, 06 April 2023 | 16:50 WIB
header img
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat memberikan keterangan pers terkait pelayanan BPJS jelang libur lebaran di kantor pusat Jakarta, Kamis (6/4/2023). Foto. dok BPJS Kesehatan.

JAKARTA, iNewsBanjarnegara.id-Menyambut libur lebaran tahun 2023, BPJS Kesehatan tetap beroperasi memberikan layanan pada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan, dalam memberikan pelayanan selama libur lebaran, BPJS Kesehatan menerapkan piket layanan khusus yang ada di kantor cabang. Piket layanan tersebut membuka akses layanan tatap muka di kantor BPJS yang ada di kabupaten/kota.

Menurutnya, adanya pelayanan bagi masyarakat selama libur lebaran ini merupakan bagian dari komitmen BPJS dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta. Sebab BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun. Sehingga meski ada libur lebaran, peserta JKN tetap terlayani dengan mudah, cepat, setara.

Pelayanan pada peserta selama libur lebaran ini mulai dari pelayanan di kantor yang ada di kabupaten/kota untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). 

"Untuk jam layanan buka selama libur lebaran ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 waktu setempat. Dan selama libur lebaran ini, BPJS Kesehatan juga telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN," ujarnya.

Tidak hanya itu, selama libur lebaran ini, peserta JKN juga bisa dapat mengakses layanan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). meski mereka sedang tidak berada di daerah aslinya yang terdaftar.

Apabila peserta dalam kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta. Jika mengalami kendala maka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penganan Pengaduan (PIPP). 

"Kita juga menghadirkan petugas BPJS yang siap untuk membantu memudakan akses informasi pelayanan," katanya.

Sementara itu, dalam menyambut arus mudik, BPJS juga telah menyiapkan tim Posko Terpadu Siaga Ramadan dan Idul Fitri. Nantinya, tim tersebut akan melakukan pemantauan terhadap sistem teknologi informasi dalam pelayanan, penaganan kendala sistem, menjaga perlindungan data pribadi hingga keamanan siber dari upaya akses ilegal.

Untuk memastikan peserta JKN maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran dengan nyaman, BPJS Kesehatan juga akan menghadirkan Posko Mudik di lima titik dan satu titik Posko Arus Balik padat pemudik. 

Lima Posko Mudik tersebut yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Posko Arus Balik terdapat di rest area Banjaratma Km 260B Brebes.

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. 

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut