get app
inews
Aa Read Next : Lolos CAT, 276 Calon Anggota PPK Pilkada Banjarnegara Ikuti Tes Wawancara

Pendaftaran Bacaleg di KPU Banjarnegara Masih Sepi

Selasa, 02 Mei 2023 | 19:24 WIB
header img
Komisioner KPU Banjarnegara bersama dengan Bawaslu Banjarnegara siap untuk melayani Peserta Pemilu 2024 dalam pendaftaran Bacaleg.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Dua hari pertama sejak dibukanya pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) pada Pemilu 2024, KPU Kabupaten Banjarnegara belum menerima satupun parti politik peserta pemilu untuk mendaftarkan bacalegnya.

Padahal, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023, KPU sudah mulai membuka pendaftaran bacaleg mulai 1 hingga 14 Mei mendatang, namun hingga hari kedua pendaftaran, KPU Banjarnegara masih belum ada partai politik mendaftarkan bacalegnya.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara Bambang Puji Prasetya melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Khuswatun Chasanah mengatakan, sesuai dengan peraturan yang ada, pendaftaran bacaleg dilakukan oleh partai politik peserta Pemilu 2024, namun untuk berkas persyaratan dilakukan dengan cara mengupload semua berkas persyaratan melalui aplikasi Silon milik KPU.

Beberapa peryaratan bacaleg yang harus diupload melalui Silon adalah ijazah minimal SLTA sederajat yang dilegalisir, KTP elektronik, terdaftar sebagai anggota parpol dibuktikan dengan KTA, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, tanda bukti terdaftar sebagai pemilih, surat keteragan pengadilan, serta surat pernyataan sebagai bakal calon.

Dikatakannya, selain itu, Parpol juga harus memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen di setiap daerah pemilihan, untuk Kabupaten Banjarnegara sendiri ada enam daerah pemilihan, sehingga setiap daerah pemilihan bakal calon yang diajukan oleh partai politik harus memenuhi syarat keterwakilan perempuan.

"Untuk pendaftaran sendiri kami buka mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB, sementara khusus untuk tanggal 14 Mei, KPU membuka pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB," katanya. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut