get app
inews
Aa Read Next : Ganjar-Yasin Berpamtian, Wariskan Reformasi Birokrasi Penuh Integritas

Ngopi Bareng Cah Nom, Ajang Kajian dan Silaturahmi Pemuda Petambakan

Rabu, 03 Mei 2023 | 19:53 WIB
header img
Ngopi Bareng Cah Nom Pemuda Desa Petambakan, Kecamatan Madukara, Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Banyak cara dilakukan oleh generasi muda dalam pembangunan di desa, seperti yang dilakukan pemuda Desa Petambakan, Kecamatan Madukara dengan kominitas Ngopi Bareng Cah Nom.

Selain melakukan berbagai kajian keagamaan, kegiatan pemuda desa ini juga ikut terlibat dalam diskusi demi kemajuan dan optimalisasi potensi yang dimiliki oleh desanya. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan, termasuk menggelar kajian Halaqoh Tarbawy yang dikemas dalam halal di halal.

Ngopi Bareng Cah Nom merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh remaja Desa Petambakan sebagai sarana untuk mengembangkan diri dan melakukan berbagai kegiatan sosial demi membangun desanya.
Tak hanya itu, melalui komunitas ini juga muncul berbagai ide dan gagasan dalam membangun desa, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara pemuda dan pemerintah desa.

Kepala Desa Petambakan Hery Setyo Pranadi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh kaum remaja di desanya, tidak hanya dalam kegiatan sosial, tetapi juga kegiatan positf lainnya, termasuk melakukan kajian keagamaan hingga pengembangan ekonomi masyarakat desa.

"Ini kegiatan yang sangat baik, Ngopi Bareng Cah Nom ini merupakan satu wadah kegiatan kepemudaan di desa kami, bahkan pemerintah desa juga tidak ragu dan berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran melalui APBDes," katanya.

Sementara itu, dalam tausiahnya, Ustaz Dwi Fajar dari Purbalingga ini mengatakan jika kegiatan ini merupakan wadah untuk belajar bersama, sehingga sesuai dengan namanya Halaqoh Tarbawy yang merupakan satu wadah atau perkumpulan orang yang mau belajar agama dengan melibatkan moroby atau ustaz, bahkan kiyai.

"Kami sangat menyambut abik dengan gerakan yang dilakukan komunitas pemuda di desa ini, meski nama komunitasnya Ngopi Bareng Cah Nom, tetapi isinya kaya akan manfaat, termasuk dengan adanya kajian agama, sehingga generasi muda ini tetap memiliki dasar agama yang kuat," ujarnya.

Dia juga berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan istiqomah, sebab dengan belajar khususnya bidang agama, generasi muda ini akan terhindar dari tindak tanduk yang bisa merugikan dirinya di masa mendatang.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut