get app
inews
Aa Read Next : Unsiq Wonosobo Bekali Mahasiswa Siapkan Generasi Emas

Wagub Minta Mahasiswa KKN Bantu Identifikasi Potensi UKM

Jum'at, 23 Juni 2023 | 17:27 WIB
header img
Wagub jateng saat berdiskusi dengan mahasiswa KKN di Kabupaten Sukoharjo. dok SGN

SUKOHARJO, iNewsBanjarnegara.id- Demi mempercepat pertumbuhan ekonomi, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen meminta para mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan KKN dapat melakukan identifikasi potensi UKM yang ada di lokasi KKN.

Hal ini menjadi satu pesan wakil gubernur saat menghadiri kegiatan bakti sosial yang dilakukan mahasiswa KKN di Sukoharjo. Selain itu, indentifikasi potensi UKM juga dapat dikembangkan oleh mahasiswa KKN demi mempercepat pertumbuhan ekonomi, khususnya di jawa tengah,

"Saya berharap, yang saat ini jadi program kerja KKN, selain memberikan pendidikan di madrasah, di tempat-tempat sekolah, maupun kursus-kursus, belajar kelompok sudah baik, namun harus ditingkatkan lebih baik lagi, termasuk membantu pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor UMKM," katanya.

Menurutnya, banyak yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa saat melakukan KKN, termasuk mengidentifikasi produk yang potensial dikembangkan oleh warga, membantu memperbaiki desain, packaging, membantu pemasaran, dan mengidentifikasi produk-produk yang belum berizin ataupun berlabel halal, kemudian menyampaikannya kepada pemerintah setempat. 

"Ada berapa sih UMKM yang ada di daerah KKN-nya, sudah layak nggak packagingnya, sudah mendapatkan izin PIRT-nya ngga, sudah mendapat sertifikat halalnya nggak. Nah kalau itu ditemukan belum mendapatkan semua, bisa dikoordinasikan dengan desa, camat, atau bisa langsung dilayangkan ke Pemkabnya, baik itu lewat Disperindag maupun Dinkop UKM. Ini supaya masyarakat lebih semangat untuk pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang usaha," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut