get app
inews
Aa Read Next : KPU Banjarnegara Umumkan Calon PPK Pilkada 2024 Terpilih, Berikut Daftar Namanya

KPU Banjarnegara Sosialisasikan Pemilu Pada Relawan Bencana, Ini Targetnya

Selasa, 27 Juni 2023 | 11:11 WIB
header img
Komisioner KPU Kabupaten Banjarnegara M Syarif SW saat melakukan sosialisasi pada relawan bencana. Foto. dok KPU Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-KPU Kabupaten Banjarnegara melakukan sosialisasi terhadap para relawan bencana yang ada di Banjarnegara, kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai tindakan antisipasi darurat bencana di Banjarnegara.

Sosialisasi pada relawan bencana ini tidak lepas dari tindakan antisipasi dari KPU Kabupaten Banjarnegara saat terjadi darurat bencana, mengingat sebagian besar wilayah Kabupaten Banjarnegara merupakan daerah rawan bencana alam.

Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif SW mengemukakan, masyarakat atau pemilih di daerah rawan bencana terutama di desa-desa perlu mengetahui agenda Pemilu 2024. Yakni mengenai tahapan Pemilu, hari dan tanggal pemungutan suara serta peserta Pemilu.

"Sosialisasi sebagai bentuk usaha kami agar partisipasi masyarakat dalam pemilu dimana pun mereka berada tetap tinggi," ujar Syarif.

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk koordinasi dengan sukarelawan penanggulangan bencana dari tingkat kabupaten hingga desa-desa. Hal itu sebagai bentuk antisipasi kondisi darurat bencana ketika tahapan krusial pemilu digelar.

"Sebagai antisipasi kami karena di bulan Januari -Februari biasanya curah hujan tinggi sehingga potensi bencana tinggi juga. Di bulan-bulan itu kami sudah mulai persiapan logistik pemilu sampai dengan distribusi ke desa-desa. Bila terjadi bencana atau kondisi darurat maka koordinasinya mudah karena semua sudah memahami," ujarnya.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banjarnegara, Tulus Sugiharto, menambahkan peran sukarelawan penanggulangan bencana sangat penting dalam ikut menyukseskan pemilu. Dalam kondisi darurat mereka bisa membantu dalam hal distribusi logistik pemilu, jalur alternatif, evakuasi, pemetaan daerah rawan untuk pendirian TPS.

"Sukarelawan bisa menyarankan lokasi yang aman untuk distribusi logistik pemilu juga titik aman untuk TPS pemilu," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut