get app
inews
Aa Read Next : Calon Bupati Banjarnegara Jalur Independen Harus Penuhi Beberapa Persyaratan. Ini Syaratnya

Gencarkan Sosialisasi, Trend Pelanggaran Lalu Lintas di Banjarnegara Menurun

Senin, 10 Juli 2023 | 20:36 WIB
header img
Polres Banjarnegara saat menggelar apel Operasi Patuh Candi 2023 di Mapolres Banjarnegara, Senin (10/7/2023). Foto. iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Jajaran Satlantas Polres Banjarnegara terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Hal ini membuahkan hasil dengan adanya trend penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Banjarnegara.

Hal ini diungkapkan Kapolres Banjarnegara AKBP Era Johny Kurniawan dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh 2023 yang dilaksanakan di halaman Mapolres Banjarnegara, Senin (10/7/2023).

Menurutnya, seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, maka akan berdampak pada peningkatan volume sarana transportasi sebagai penunjang kegiatan masyarakat, hal ini tentu harus disikapi oleh Satlantas Polres Banjarnegara demi memberikan kenyamanan dan keamanan sesama pengguna jalan.

Adanya perkembangan alat transportasi pada era digital, harus diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polisi lalu lintas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi perkembangan transportasi tersebut.

Keselamatan lalu lintas memang sering diabaikan, namun Polres Banjarnegara terus melakukan berbagai upaya sosialisasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas.

"Kita melihat data yang ada, trend pelanggaran lalu lintas di Banjarnegara semester I tahun 2023 ini mengalami penurunan hingga 11 persen jika dibandingkan dengan semester II tahun 2023," katanya.

Dikatakannya, pada semester II tahun 2022, jumlah pelanggaran lalu lintas di Banjarnegara mencapai 374.082, sementara pada semester I tahun 2023 ini jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 339.909 pelanggaran.

Selain itu, untuk jumlah teguran yang dilakukan Satlantas Polres Banjarnegara terhadap pelanggar lalu lintas mengalami kenaikan hingga 17 persen, dimana jumlah teguran pada semester I tahun 2023 ini mencapai 189.085, sedangkan pada semester II tahun 2022 hanya 157.559.

"Jumlah pelanggar yang mendapatkan sanksi tilang juga mengalai penurunan, jika pada semester II tahun 2022 lalu mencapai 216.469, pada semester I tahun 2023 ini hanya 147.824 lembar tilang, artinya ada penurunan sebesar 46 persen," ujarnya.

Dengan data ini, pihaknya berharap kesadaran masyarakat Banjarnegara dalam tertib berlalu lintas meningkat, sehingga upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas bisa dilakukan.

"Saat ini, yang menjadi fokus Satlantas Polres Banjarnegara adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas. dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut